APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN KOMPONEN SEPEDA MOTOR BERBASIS ANDROID

Gali Trinanda Gali Trinanda, Sri Lestari Rahayu

Abstract


Meningkatnya Teknologi di Era Globalisasi yang serba modern ini kondisi yang kini berganti dengan cepat berkat adanya revolusi industri 4.0, merupakan salah satu dari teknologi yang tengah tren di dunia.tidak terkecuali di Indonesia ialah Augmented Reality, Saat ini Augmented Reality digunakan dalam berbagai bidang, terutama pada bidang intertaiment, enginering, manufacturing, pelatihan meliter dan berbagai bidang lainnya. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang dapat menggabungkan benda maya dua dimensi (2D) dan ataupun tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda- benda maya tersebut dalam waktu nyata (real time). Augmented Reality dapat digunakan di berbagai perangkat, tetapi biasanya paling sering digunakan pada smartphone dan tablet. peneliti hendak mengemukakan aplikasi yang beroprasi di smartphone dengan menampilkan informasi Pengenalan komponen Sepeda Motor Berbasis Android. Komponen sepeda motor adalah sebuah benda-benda yang terdapat pada sepeda motor, permasalahan yang terdapat adalah karna tidak semua yang memiliki sepeda motor mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada sepeda motor yang mereka gunakan.

Full Text:

PDF

References


Alvino Octaviano, 2018, dengan judul “Penerapan Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Bahan Ajar Untuk Pemodelan Mesin Injectionâ€

Andryanto, A., et al. Teknologi Metaverse dan NFT. Yayasan Kita Menulis, 2022.

Anggara, M. A., Ernawati, A., & Lestari, M. (2019). Transisi Ruang Pada Bangunan Pusat Perlengkapan TNI–POLRI Dengan Pendekatan Simbolisasi Arsitektur. In Seminar Nasional Komunitas dan Kota Berkelanjutan (Vol. 1, No. 1, pp. 333-337).

Dawang Mahendra(2017). Pemanfaatan Engine Vuforia Untuk Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Metode Pembelajaran Sholat Sunah Berbasis Mobile. STIKI Malang(Vol.3, No. 2).

Dimas Setyo Utomo, 2017, dengan judul “Implementasi Mobile Augmented Reality Pada Aplikasi Pemilihan Sarana Dan Prasarana Laboratorium Sekolah Menengah Atasâ€

Hariyadi Gunawan, 2014, Media Pembelajaran Pengenalan Rambu-rambu Lalu Lintas untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Andorid. Fak. Ilmu Komputer Univ. Potensi Utama, Medan

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra Tech, 2(2), 64-77.

Jarjis, M., Stephanie, W. J., Riyanta, D., Mandasari, R. I. M., & Pudjoatmodjo, B. (2018). SholatKu: Aplikasi pengenalan sholat sunnah untuk anak- anak berbasis Augmented Reality. eProceedings of Applied Science, 4(2).

Muhamad Riadi Almasyariqi, 2018, dengan judul “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Virtual Fitting Room Frame Kacamataâ€.

Putra, D. M. S. (2017). Pemanfaatan Engine Vuforia untuk Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Metode Pembelajaran Sholat Berbasis Mobile. J-INTECH, 5(02), 71-81.

Rahadi, 2017, dengan judul “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pengenalan Rumah Adat Kalimantan Baratâ€

Sandy Anugrah, Erick Pernando(2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Tuntunan Sholat Ibtidaiah Nurul Hidayah Berbasis Android. STIKOM Dinamika Bangsa(Vol.12, No.2).

Susanna Dwi Yulianti Kusuma, 2018, dengan judul “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based Tracking




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i1.3268

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF – 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gali Trinanda, Sri Lestari Rahayu

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License