SISTEM INFORMASI INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH BERBASIS WEB

Delvia Intan Delvia Intan Thursina, Edy Victor Haryanto

Abstract


Pada era saat ini perkembangan IKM di seluruh wilayah Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kota Medan salah satunya, yang juga berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Dalam pendataan dan pendaftaran IKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara belum memiliki sistem pendataan dan pendaftaran secara online, Dimana staff/karyawan masih menggunakan sistem manual, yaitu data dicatat pada sebuah berkas dan formulir, pembuatan laporan yang masih menggunakan aplikasi Ms.Excel. Sulit bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara untuk menghasilkan laporan yang mungkin diperlukan setiap saat. Seperti laporan perjenis usaha, laporan IKM Kota Medan. Sehingga laporan yang dibuat tidak update lagi. Sesuai dengan tugas dan fungsinya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara perlu mendata seluruh bentuk – bentuk usaha yang muncul dengan melakukan pendataan terhadap industri kecil dan menengah. Tugas Dinas memberikan bimbingan, pelatihan dan arahan serta pengawasan kepada setiap industri kecil dan menengah. Hal tersebut menjadi permasalahan pokok sehingga sering Staf kesulitan dan kebingungan saat mengecek dan mengumpulkan data IKM yang sudah lengkap. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu tersedia sistem komputer dan database untuk membantu dalam pengumpulan data. Masalah yang sering terjadi adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara tidak memiliki Sistem untuk mendata IKM. Sulitnya bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara untuk mendata IKM dengan cara manual. Dengan merancang sistem aplikasi IKM dapat memberikan kemudahan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara dalam mendata IKM Kota Medan dan  Memberikan kemudahan bagi IKM Kota Medan dalam mendapatkan informasi terkini dari Dinas.

Full Text:

PDF

References


Hidayat, R. S., & Winarno, A. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry pada Hello Laundry. Jurusan Sistem Informasi, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Mandiri, J. S. S. N. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 2(1).

Nurdina, W., Andani, S. R., Poningsih, P., & Solikhun, S. (2020, February). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Camat Tapian Dolok. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1, pp. 224-227).

Palit, R. V., Rindengan, Y. D., & Lumenta, A. S. (2015). Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4(7), 1-7.

Prandatama, R., & Haryanto, E. V. (2020). PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL NUSANTARA BERBASIS ANDROID. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, 1(1), 1035-1048.

Priyadi, D. A., & Lestari, E. W. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat Pada Kantor Desa Tanjungsari Kutowinangun Kebumen Berbasis Desktop. Jurnal Teknik Komputer, 4(2), 84-91.

Purwanti, N. D., Sugiono, S., & Hardiningtyas, D. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: PT. Pln (Persero) Rayon Malang Kota). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 3(2), p244-255.

Rahman, S., Ramli, M., Tommy, T., Faisal, I., Yasir, A., & Sundari, S. (2019, November). Combination of Facial Biometrics and RSA Algorithms to Secure the Secret Message. In Proceedings of The 2nd International Conference On Advance And Scientific Innovation, ICASI 2019, 18 July, Banda Aceh, Indonesia.

Rizky, A. A., & Ramdhani, I. (2019). Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL DI PT. Ria Indah Mandiri. J. Manaj. Inform, 9(1), 49-57.

Roni Ameldi, 2018, “ Sistem Informasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Android Pada Lapangan Futsalâ€

Sadikin, M., Rosnelly, R., Roslina, R., Gunawan, T. S., & Wanayumini, W. (2020). Penerapan Data Mining Pada Penerimaan Dosen Tetap Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier dan C4. 5. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(4), 1100-1109.

Saipul Anwar, 2016, Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Dan Pengisian Kartu Rencana Studi (Krs) Amik Wahana Mandiri Berbasis Web Mobile†Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi

Santosah, P., & Haryanto, E. V. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Budaya Dan Aksara Hangeul Korea Dengan Audio Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, 1(1), 981-995.

Sarwindah, S. (2018). Sistem Pendaftaran Siswa Baru Pada SMP N 1 Kelapa Berbasis Web Menggunakan Model UML. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 7(2), 110-115.

Sidik, F., & Rahmawati, M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Pada SMK Bina Putra Jakarta. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 20(1), 119-128.

Zein, A. S., & Sari, E. M. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Di Sma 1 Annuqayah Sumenep. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i1.2987

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF – 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Delvia Intan Delvia Intan Thursina,Edy Victor Haryanto

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License