PEMANFAATAN PAYMENT GATEWAY IPAYMU DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI PEMBAYARAN PPDB ONLINE PADA MTS AL WASHILIYAH KUALA BANGKA MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT(RAD)

Aprilia Simatupang, Irvan Irvan, Fachrul Rozi Lubis

Abstract


MTS Al Washliyah merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ada di desa Kuala Bangka, yang beralamat Jl. Mesjid No 229 Kuala Bangka. Dalam melakukan penyeleksian siswa baru pihak sekolah masih menggunakan google form sebagai pengisian data siswa, yang didalamnya hanya terdapat untuk menampung informasi – informasi mengenai data siswa yang ingin mendaftar di sekolah tersebut, dan belum juga terdapat beberapa fitur seperi melakukan pembayaran pendaftar secara online, melakukan seleksi ujian masuk secara online, serta belum dapat melihat hasil kelulusan secara online Pemanfaatan payment gateway bisa dapat di aplikasikan di dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). PPDB sendiri merupakan  bagian dari  proses yang  ada  di  instansi pendidikan seperti sekolah yang berguna untuk menseleksi calon siswa yang terpilih sesuai kriteria yang  ditentukan oleh sekolah  tersebut untuk menjadi siswa didiknya tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengimplementasikan payment gateway sebagai media pembayaran online penerimaan peserta didik baru di MTS Al Washliyah dan menghasilkan aplikasi penerimaan peserta didik baru ( PPDB ) untuk sekolah Mts Al Washiliyah Kuala berhasil dibangun dan proses penerimaan dapat dilakukan secara online.


Full Text:

PDF

References


Tungadi, E., Syamsuddin, I., Jurusan, D., Elektro, T., Negeri, P., & Pandang, U. (2021). PERANCANGAN GERBANG PEMBAYARAN (PAYMENT GATEWAY) UANG KULIAH TUNGGAL BERBASIS AKUN VIRTUAL Eddy. 115–119.

Fauzan, M. F. (2019). PENYEDIAAN LAYANAN SISTEM INFORMASI PPDB ONLINE DENGAN PENGUNAAN APLIKASI SMART STUDENT REGISTRATION DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. 1–6.

Bahri, S., Dalis, S., Studi, P., & Informatika, M. (2018). Rancang Bangun E-Enrollment Berbasis Web Menggunakan Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. 4(1), 205–211.

Putri, M. P., & Effendi, H. (2018). Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Website Service Guide “ Waterfall Tour South Sumatera .†07(September), 130–136.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v3i2.2738

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF – 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aprilia Simatupang, Irvan Irvan, Fachrul Rozi Lubis

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License