PEMANFAATAN METODE TIME SERIES UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PEMASANGAN BARU WIFI INDIHOME
Abstract
Perkembangan internet sebagai salah satu media dalam penyampaian informasi turut mengubah bentuk
dan proses perpindahan data dari fisik menjadi digital. kesadaran akan peristiwa masa depan
meningkat, dan sebagai hasilnya, kebutuhan akan prediksi meningkat. Contoh yang paling umum adalah,
tentu saja keakuratan ramalan cuaca, yang dengannya kita dapat mengambil beberapa keputusan,
seperti mempersiapkan musim hujan yang diharapkan. Dan masih banyak lagi contoh peramalan yang
sering kita jumpai. Dalam hal dunia digital khususnya penyedia layanan wifi ( Wireless Fidelity ) di
indonesia memiliki banyak provider yang tersedia, salah satunya provider indihome. Indihome sendiri
merupakan anak perusahaan Telkom yang bergerak di layanan jaringan dan Telekomunikasi khususnya
wifi, permasalahan yang terjadi saat ini pihak perusahaan masih kesulitan dalam memprediksi jumlah
pelanggan yang ingin memasang wifi indihome akibatnya sering terjadi kesalahan dalam menentukan
target pelanggan yang ingin di capai. Untuk itulah diperlukan suatu teknik peramalan guna memprediksi
jumlah pelanggan baru dalam pemasangan wifi. Terdapat beberapa metode peramalan yang dapat
digunakan salah satunya yaitu metode Time series, diharapkan nantinya metode tersebut dapat
megimplementasikan aplikasi yang telah dibangun guna menghasilkan prediksi pada bulan berikutnya,
yang menggunakan data pada Perusahaan PT. Telkom Akses (STO Simpang Limun).
dan proses perpindahan data dari fisik menjadi digital. kesadaran akan peristiwa masa depan
meningkat, dan sebagai hasilnya, kebutuhan akan prediksi meningkat. Contoh yang paling umum adalah,
tentu saja keakuratan ramalan cuaca, yang dengannya kita dapat mengambil beberapa keputusan,
seperti mempersiapkan musim hujan yang diharapkan. Dan masih banyak lagi contoh peramalan yang
sering kita jumpai. Dalam hal dunia digital khususnya penyedia layanan wifi ( Wireless Fidelity ) di
indonesia memiliki banyak provider yang tersedia, salah satunya provider indihome. Indihome sendiri
merupakan anak perusahaan Telkom yang bergerak di layanan jaringan dan Telekomunikasi khususnya
wifi, permasalahan yang terjadi saat ini pihak perusahaan masih kesulitan dalam memprediksi jumlah
pelanggan yang ingin memasang wifi indihome akibatnya sering terjadi kesalahan dalam menentukan
target pelanggan yang ingin di capai. Untuk itulah diperlukan suatu teknik peramalan guna memprediksi
jumlah pelanggan baru dalam pemasangan wifi. Terdapat beberapa metode peramalan yang dapat
digunakan salah satunya yaitu metode Time series, diharapkan nantinya metode tersebut dapat
megimplementasikan aplikasi yang telah dibangun guna menghasilkan prediksi pada bulan berikutnya,
yang menggunakan data pada Perusahaan PT. Telkom Akses (STO Simpang Limun).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v3i1.2209
Article Metrics
Abstract view : 142 timesPDF – 435 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fifin Rahmadana, Yulia Agustina Dalimunthe, Fachrul Rozi Lubis
DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783Â Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License