PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APIORI UNTUK REKOMENDASI JENIS ROTI BAGI PELANGGAN
Abstract
Data mining ialah operasi resourcing dan penggunaan data untuk mencari pola atau hubungan dari
sekumpulan data yang berukuran besar. Data mining telah diimpelementasikan pada berbagai aspek,
salah satunya pada bidang penjualan produk roti. Pihak perusahaan dapat mengetahui minat pembeli
dengan memanfaatkan data mining untuk mengolah data penjualan produk roti. Penelitian ini
menganalisis tentang pencarian informasi dari data transaksi penjualan roti menggunakan data mining
dengan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan jenis aturan asosiasi (Association Rules) dalam
menentukan pola kombinasi itemset dan aturan asosiasi
sekumpulan data yang berukuran besar. Data mining telah diimpelementasikan pada berbagai aspek,
salah satunya pada bidang penjualan produk roti. Pihak perusahaan dapat mengetahui minat pembeli
dengan memanfaatkan data mining untuk mengolah data penjualan produk roti. Penelitian ini
menganalisis tentang pencarian informasi dari data transaksi penjualan roti menggunakan data mining
dengan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan jenis aturan asosiasi (Association Rules) dalam
menentukan pola kombinasi itemset dan aturan asosiasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v3i1.2203
Article Metrics
Abstract view : 202 timesPDF – 180 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Fachry, Fachrul Rozi Lubis
DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783Â Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License