PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APIORI UNTUK REKOMENDASI JENIS ROTI BAGI PELANGGAN

Muhammad Fachry, Fachrul Rozi Lubis

Abstract


Data mining ialah operasi resourcing dan penggunaan data untuk mencari pola atau hubungan dari
sekumpulan data yang berukuran besar. Data mining telah diimpelementasikan pada berbagai aspek,
salah satunya pada bidang penjualan produk roti. Pihak perusahaan dapat mengetahui minat pembeli
dengan memanfaatkan data mining untuk mengolah data penjualan produk roti. Penelitian ini
menganalisis tentang pencarian informasi dari data transaksi penjualan roti menggunakan data mining
dengan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan jenis aturan asosiasi (Association Rules) dalam
menentukan pola kombinasi itemset dan aturan asosiasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v3i1.2203

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF – 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Fachry, Fachrul Rozi Lubis

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License