EDUKASI DIGITAL PENGENALAN BAHAYA NARKOBA BAGI ANAK USIA DINI BERBASIS 3D DAN AUGMENTED REALITY

Mustaqim Mustaqim, Haida Dafitri, Dharmawati Dharmawati

Abstract


Penyalahgunaan narkoba di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, terlihat dengan makin banyaknya pengguna narkoba dari semua kalangan khususnya anak-anak. Hal ini dikarenakan kurangnya informasi dan pengetahuan serta kurangnya perhatian dari orang tua dan lingkungan pergaulan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Sedangkan selama ini penyampaian informasi dilakukan melalui penyuluhan, diskusi, dan mau pun hanya melalui media cetak atau buku. Sehinggga hal ini tentunya sangat kurang efektif dalam memberikan informasi tentang bahaya narkoba pada anak. Melihat hal tersebut, dan seiring dengan maraknya penggunaan teknologi bagi anak, penulis membuat sebuah edukasi digital pegenalan bahaya narkoba berbasis 3D dan Augmented Reality. Adapun hasil yang diharapkan dapat memberikan informasi bagi anak-anak usia dini dan membantu orang tua dalam memperkenalkan bahaya narkoba terhadap anak-anak.


Full Text:

PDF

References


I. R. Mustafa et al., “Edukasi Gerakan Siswa Anti Narkoba’’ (Geswana) Era Desrupsi 4.0 di Smp Wahid Hasyim Malang,†Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 189–197, 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v3i2.3214.

M. R. Husain, N. Nurwan, and R. Resmawan, “Analisis Kestabilan Model Penyebaran Pengguna Narkoba Dengan Faktor Edukasi,†BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 14, no. 1, pp. 069–078, 2020, doi: 10.30598/barekengvol14iss1pp069-078.

R. M. Lestari, “Risma Marno Lestari, 2018 Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Karakter (Studi Kasus RA Al Hidayah Sondriyan Kendal Ngawi).†IAIN Ponorogo, 2018.

M. Mustagfirin and I. Riyanto, “Media Penyuluhan Bahaya Narkoba dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Mobile Android,†J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 1, pp. 61–67, 2021.

Y. Yuliati and R. B. Saragih, “Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba Pada Remaja Melalui Pendekatan Edukasi Afektif,†Dharma Raflesia J. Ilm. Pengemb. dan Penerapan IPTEKS, vol. 13, no. 2, pp. 127–136, 2018, doi: 10.33369/dr.v13i2.4239.

S. R. Karminingtyas and N. H. Furdiyanti, “Pencegahan Bahaya Narkoba Bagi Siswa Sma Negeri I Ungaran Melalui Edukasi Pathway Game ‘Anti Narkoba,’†Indones. J. Community Empower., vol. 2, no. 2, pp. 146–152, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/IJCE/article/view/762.

J. Rori, S. R. Sentinuwo, and S. Karouw, “Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D,†J. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 3–7, 2016, doi: 10.35793/jti.8.1.2016.12299.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i2.1623

Article Metrics

Abstract view : 797 times
PDF – 599 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mustaqim Mustaqim, Haida Dafitri, Dharmawati Dharmawati

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License