TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY SEBAGAI PEMAHAMAN MILENIAL ISLAM PADA RUMAHIBADAH DI KOTA MEDAN
Abstract
Di zaman yang semakin maju ini pengetahuan anak milenial mengenai rumah ibadah khsusnya agama islam sering tidak pernah ditampilkan sebagai bagian dari aktivitas keseharian. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dapat dengan mudah dijangkau generasi milenial dan cara promosi mesjid yang kurang dapat menarik minat generasi milenial untuk mengetahui lebih jauh mengenai masjid masjid yang ada dikota MedanPerkembangan teknologi visualisasi dan simulasi melalui Virtual Reality (VR) dan saat ini telah sangat maju dalam hal kualitas output (grafis, suara), kemudahan, efisiensi peralatan maupun psikologi pengguna. Tulisan ini membahas penggunaan VR dalam pengenalan masjid bagi generasi milineal. Tujuan dari aplikasi ini ialah mengetahui bagaimana pemanfaatan masjid bagi generasi milenial dan sebagai media pengenalan terhadap masjid dikota Medan dengan teknologi virtual reality. Penelitian ini menghasilkan aplikasi virtual reality berbasis android dengan konsep pengenalan masjid bagi generasi milineal
Full Text:
PDFReferences
O. D. E. Wulansari, T. Zaini, and B. Bahri, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran,†J. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 169–179, 2014.
J. Salam and M. Fadhli, “Pengenalan Aplikasi Kebudayaan Aceh Menggunakan Augmented Reality Pada Pramuwisata Aceh Introduction the Aceh Culture Application Utilize Augmented Reality Toward Aceh Tour Guide,†J. Informatics Comput. Sci., vol. 6, no. 1, pp. 57–63, 2020.
Adam, “Virtual Reality 360 Interaktif Wisata Digital Kota Tomohon dengan Tampilan Stereoscopic,†CogITo Smart J., vol. 4, no. 1, p. 104, 2019, doi: 10.31154/cogito.v4i1.106.104-112.
X. Rambing, V. Tulenan, and X. Najoan, “Virtual Reality Berbasis Video 360 Derajat pada Tari-Tarian Adat Suku Minahasa,†E-Journal Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2017.
P. Haryani and J. Triyono, “Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 807, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1614.
L. Hakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality,†Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 59–72, 2018, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6.
DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i2.1621
Article Metrics
Abstract view : 514 timesPDF – 412 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muhammad Adib Hidayah, Sumi Khairani, Dharmawati Dharmawati
DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783Â Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License