PENERAPAN METODE AHP DAN TOPSIS DALAM MENENTUKAN SALES PROMOTER YANG BERHAK MENDAPATKAN BONUS

Dian Nur Sholihaningtias

Abstract


Perusahaan ritel elektronik terkemuka di Indonesia hadir dengan rentang produk yang sangat lengkap mulai dari gadget, produk IT hingga home appliances yang didukung oleh brand elektronik terkenal, maka untuk meningkatkan penjualan perlu memberikan bonus untuk sales promoter yang mempunyai kinerja kerja yang baik terutama dalam bidang penjualan dan kepribadian yang baik, tentunya harus dilakukan penilaian secara analisis supaya penilaian tidak berkesan subjektif serta cara kolusi dan nepotisme. Proses hasil seleksi ini dilakukan dengan perangkingan bobot dari kriteria-kriteria yang ada dengan menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dan TOPSIS (Technique Order Performance by Similarity to Ideal Solution). Sistem pendukung keputusan ini memproses data sales berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan untuk menghasilkan rangking sales secara keseluruhan. Hasil akhir dari sistem ini adalah menampilkan sales promoter yang berhak mendapatkan bonus tahunan berdasarkan urutan rangking yang teratas sehingga membuat para sales promoter menjadi bersemangat dalam mengejar target yang diberikan oleh perusahaan ritail tempat mereka bekerja.


Full Text:

PDF

References


Andris Faesal. DSS Untuk Penilaian Dosen dengan Metode AHP dan TOPSIS, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (SEMANTIK)., Universitas Gadjah Mada, 2015

Hamka, Mohammad.(2014). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Metode Topsis dan Borda untuk Penentuan Bakal Calon Haji, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014, ISSN : 2302-3805 ( februari 2014)

Hardita, Veny Cahya.(2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik. Citec Journal, ISSN: 2460-4259

Ischayawati, Chintia.(2020). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Gaji untuk Karyawan Menggunakan Metode Topsis, IJIR.1(1)

Nanik Hidayat. Sistem Pendukung Keputusan Metode AHP dan AHP TOPSIS untuk Penentuan Staff Kurikulum, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, ISSN: 2302-3805., (februari,2016):1-6.

Saaty Thomas L., “Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpinâ€. Jakarta: PT. Dharma Aksara Perkasa, 1991.

Sutabri Tata., “Konsep Sistem Informasiâ€. Yogyakarta : Andi, 2012.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i1.1250

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF – 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian nur sholihaningtias

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License