THE PROCESS OF LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN THE PRIVATE MIDDLE SCHOOL OF NAHDLATUL ULAMA MEDAN

Haidir Haidir, Nurmawati Nurmawati, Nailussaid Nasution

Abstract


The aims of the study were to describe: (1) the learning process activities carried out by Islamic Religious Education teachers, (2) to describe the methods of the Islamic Religious Education learning process, (4) what are the media for the Islamic Religious Education learning process and (4) the evaluation of the Religious Education learning process. Islam at the Nahdlatul Ulama Private Middle School Medan. The research method used is a qualitative method with a phenomenological approach.


Full Text:

PDF

References


Anggriawan, Cahya Kusuma. 2016. Strategi Modified Note Taking dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tulungagung: Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathoni, Toto dan Riyana, Cepi. 2011. Komponen-Komponen Pembelajaran, dalam Kurikulum dan Pembelajaran dalam Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lie, A. 2007. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Lisa’diyah Mf, Kontribusi Guru Tugas Belajar dan Performa MAN 2 Model Banjarmasin dalam Jurnal Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 6 Nomor 1 Januari-Maret 2008. (Jakarta: Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan Latihan Kementrian Agama RI).

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulati, Dwi. 2016. Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa (Studi Multisitus di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung). Tulungagung: Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Tulungagung tahun.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cetakan Kedelapan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran. Malang: UIN-Maliki Press.

Royyana, Nur Fitria. 2016. Implementasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa (Studi Multisitus Di SMPN 4 dan SMPN 3 Karangan Trenggalek). Tulungagung: Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru Cetakan keempat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan kesepuluh. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, cetakan pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ceetakan pertama. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah, B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Cetakan kelima. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Eka Jaya.

Warsono dan Hariyanto. 2017. Pembelajaran Aktif. Cetakan pertama. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.46576/ijsseh.v1i3.1391

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF – 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dharmawangsa: International Journal of the Social Sciences, Education and Humanitis



Dharmawangsa International Journal Indexed by:

   

  

Member Of :

Dharmawangsa: International Journal of the Social Sciences, Education and Humanitis Published By: 

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : dharmawangsajournal@dharmawangsa.ac.id

 

 

JURNAL Dharmawangsa:International Journal of the Social Sciences, Education and Humanitis by Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at: https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/dharmawangsa/index