Penerapan Metode Kano Dalam Mengukur Kualitas Layanan Kesehatan Pada Praktek Bidan XYZ Berbasis Web

Putri Handayani, Mas Ayoe Elhias Nasution

Abstract


Praktek Bidan XYZ merupakan salah satu fasilitas layanan kesehatan tingkat pertama yang memberikan layanan kebidanan secara berkelanjutan kepada masyarakat. Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, diperlukan sistem evaluasi yang mampu menilai kualitas layanan secara objektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem berbasis web yang dapat membantu proses penilaian kualitas layanan kesehatan menggunakan Metode Kano. Metode ini digunakan untuk mengelompokkan atribut layanan berdasarkan persepsi pasien ke dalam lima kategori utama, yaitu Must – Be, One – Dimensional, Attractive, Indifferent, dan Reserve. Sistem dikembangkan dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem mampu mengklasifikasikan atribut layanan secara otomatis, menampilkan hasil analisis dalam bentuk visual grafik, serta mendukung proses evaluasi mutu layanan secara akurat dan sistematis.


Keywords


Metode Kano, Kualitas Layanan Kesehatan, PHP, MySQL, dan Berbasis Web.

Full Text:

PDF

References


Afwa, I. L., Sisilia, K., Hidayat, A. M., & Setyorini, R. (2024). Analisis Fitur Kebutuhan Konsumen Dengan Metode Kano Untuk Perancangan Web Application D’Cetak. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(2), 324–370. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i2.1216

Hafid, M. (2023). ANALISA KUALITAS LAYANAN PADA PROGRAM STUDI SISTEM. 27(1), 1–8. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2125

Noviantoro, A., Silviana, A. B., Fitriani, R. R., & Permatasari, H. P. (2022). Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Sewa Lapangan Badminton Wilayah Depok Berbasis Web. Jurnal Teknik Dan Science, 1(2), 88–103. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.108

Of, A., Methods, C., On, O., Services, T., & Meat, O. (n.d.). ANALISIS METODE KANO DAN OPTIMASI PADA. 83–92.

Samsudin, A., Ramadani, K., & Nisa, K. (2023). Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Di Bidan Praktik Mandiri Menggunakan Metode Rapid Application Development. 2(1), 227–239.

Ubaidillah, A. F., Donoriyanto, D. S., & Tranggono, T. (2021). Penerapan Metode Kano Dalam Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Pembelajaran Berbasis Online Pada Program Studi Teknik Industri Upn “Veteran” Jawa Timur. Juminten, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.215

Warkula, R. D., Susetyo, J., Asih, E. W., Industri, T., & Industri, F. T. (2023). PENERAPAN METODE KANO DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN. 11(2), 51–58.




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v6i2.7761

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Putri Handayani, Mas Ayoe Elhias Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device