PENGELOMPOKAN DATA KELUHAN PASIEN PADA LAYANAN RUMAH SAKIT BERDASARKAN KATEGORI MASALAH MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING

Refa Anggita, Realita Buaton, Kristina Annatasia Br Sitepu

Abstract


Penelitian ini membahas pengelompokan data keluhan pasien pada layanan RSU Artha Medica Binjai berdasarkan kategori masalah menggunakan algoritma K-Means Clustering. Data penelitian mencakup periode 2023–2024 dengan variabel umur pasien, kategori keluhan, dan kategori masalah. Proses pengolahan dilakukan menggunakan perangkat lunak Matlab R2014a, menghasilkan enam cluster dengan karakteristik berbeda. Hasil pengujian menunjukkan konfigurasi enam cluster memiliki nilai cluster variance terendah sebesar 4,5682, menandakan distribusi data paling kompak dibanding konfigurasi lainnya. Secara khusus, cluster keenam memiliki variance 5,0008 dengan Vmin 0,2472 dan Vmaks 10,3912, menunjukkan variasi yang terkendali dan sebaran data yang merapat ke pusat cluster. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan K-Means Clustering dapat membantu rumah sakit dalam memahami pola keluhan pasien secara lebih akurat dan menjadi acuan strategis untuk peningkatan kualitas pelayanan.


Keywords


K-Means Clustering, keluhan pasien, rumah sakit, kategori masalah, Matlab

Full Text:

PDF

References


Arhami, M., & Nasir, M. (2020). Data Mining-Algoritma dan Implementasi (Vol. 1). Andi Offset.

Carudin, Marisa, Murnawan, Reba, F., Koibur, M. E., Thantawi, A. M., Halim, apriyanto, & Wattimena, F. Y. (2024). Buku Ajar Data Mining (Y. Agusdi, Ed.; 1st ed., Vol. 1). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Data_Mining/m-QGEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Dea Syafitri, Yani Maulita, & Lina Arlianan Nur Kadim. (2024). Pengelompokan Data Keluhan Masyarakat Terhadap Fasilitas Umum diKota Binjai Menggunakan Metode Clustering. Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Sains, 2(3), 158–170. https://doi.org/10.54066/jptis.v2i3.2381

Fachrurrozi, A., Dimas, A. P., & Mulyanti, D. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kedokteran (JURRIKE), 2(1), 123–134.

Fatwa, M., Ristu, R., Pandiangan, S., & Supriyadi, E. (2022). Pengaplikasian Matlab Pada Perhitungan Matriks. Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research, 1(2), 81–93.

Maharani, P. H., Dewi, L. K. C., & Martini, L. K. B. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi Di Masa Pandemi Covid Di RSK Bedah BIMC, Kuta. Jurnal Ekonomi Relasi, 19(1), 134–145. https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/relasi/article/view/667/594

Monika, S. (2021). Pengelompokan Pelayanan Pasien Rawat Inap dan Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Jenis Penyakit Pasien Menggunakan Metode Clustering (Studi Kasus : Rumah Sakit Delia). Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), 1–10.

Mustika, Ardilla, Y., Manuhutu, A., Ahmad, N., Hasbi, I., Guntoro, Manuhutu, M. A., Ridwan, M., Hozairi, Wardhani, A. K., Alim, S., Romli, I., Religia, Y., Octafian, D. T., Sufandi, U. U., & Ernawati, L. (2021). Data mining dan aplikasinya (N. Rismawari, Ed.; 1st ed., Vol. 1). PT. Widina Media Utama.

Purba, W., Sembiring, G. A., Saputra, A., Turnip, T., Jua, B., Manihuruk, I., Sains, F., & Teknologi, D. (2023). Penerapan Data Mining Untuk Pengelolaan Data Rekam Medis Menggunakan Metode K-Means Clustering Pada Rumah Sakit Royal Prima Medan. Jurnal Tekinkom, 6(1). https://doi.org/10.37600/tekinkom.v6i1.857

Ramadhan, F., Chrisnanto, Y. H., & Ningsihm Ade Kania. (2021). Sistem Segmentasi Keluhan Pelanggan di Perumda Air Minum Tirta Raharja Cimahi Menggunakan Metode K-Medoids. Informatics And Digital Expert (INDEX), 3(1), 6–9. http://index.unper.ac.id

Sasmita, & Muntari, S. (2023). Penerapan Algoritma K-Means Clustering Pada Data Keluhan Pelanggan PT. PLN Persero Kota Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Teknosains, 9(1), 8–12.

Shepyantoni1, F., Kanedi, I., & Suryana, E. (2024). Penerapan Metode K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Data Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Di Rumah Sakit Umum. Jurnal Media Infotama, 20(2), 493–500.




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v6i2.7432

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Refa Anggita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device