Implementasi Data Mining Pola penjualan Sparepart Motor Honda Pada Pt Rotella Persada Mandiri Dengan Menggunakan Algoritma Apriori

Ananda Hadi Elyas, Jonathan Prayoga

Abstract


Penjualan adalah suatu kegiatan utama ekonomi yang cukup penting dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Secara umum penjualan dilakukan dengan memiliki tujuan tertentu yaitu mendatangkan suatu keuntungan kepada seorang yang memasarkan produk-produk atau jasa-jasa tertentu. Suku cadang atau sparepart adalah suatu alat yang mendukung pengadaan barang untuk keperluan peralatan yang digunakan dalam proses produksiâ€. Berdasarkan definisi diatas, suku cadang merupakan faktor utama yang menentukan jalannya proses produksi dalam suatu perusahaan. Sehingga dapat dikatakan suku cadang ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam serangkaian aktivitas perusahaan. Data mining merupakan suatu cabang ilmu dari kecerdasan buatan (artificial intelligence). Dalam data mining terdapat beberapa jenis metode sesuai dengan pemanfaatannya diantaranya: prediksi, asosiasi, klasifikasi, klastering, dan estimasi. Dalam metode asosiasi terdapat beberapa teknik diantaranya adalah Metode Apriori. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dengan memanfaatkan algoritma apriori untuk menghasilkan sebuah data baru yang dapat digunakan sebagai referensi bagi pemilik toko barang dalam hal penyajian barang kepada konsumen sebagai bagian dari memaksimalkan penjualan.

 Kata Kunci— Pola Penjualan Sparepart, Data Mining, Metode Algoritma Apriori.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46576/device.v1i1.698

Article Metrics

Abstract view : 693 times
PDF – 734 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ananda Hadi Elyas, Jonathan Prayoga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device