Penerapan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi Dan Produktivitas Pendidikan

Citra Fadilah Hasibuan, Grace Patricia, Novan Wijaya

Abstract


Pendidikan adalah fondasi penting bagi kemajuan bangsa, dan perkembangan Teknologi Informasi (TI) telah membawa perubahan signifikan dalam sektor ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak peran TI dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, mengidentifikasi peran TI dalam meningkatkan efisiensi operasional pendidikan, serta mengkaji kontribusi TI dalam meningkatkan produktivitas di lingkungan pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif-kualitatif, menganalisis berbagai sumber terpercaya seperti jurnal ilmiah dan artikel penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan TI melalui Learning Management Systems (LMS), Kecerdasan Buatan (AI), dan teknologi berbasis cloud secara signifikan meningkatkan fleksibilitas, interaktivitas, dan aksesibilitas dalam pembelajaran. TI juga berperan dalam efisiensi pengelolaan administrasi dan pengurangan biaya operasional. Selain itu, produktivitas tenaga pengajar dan peserta didik meningkat melalui penggunaan waktu yang lebih efisien dan kolaborasi yang lebih baik. Meskipun demikian, tantangan seperti kesenjangan digital, kebutuhan akan peningkatan keterampilan teknologi bagi tenaga pengajar, dan isu keamanan data perlu diatasi. Kesimpulannya, TI memiliki peran krusial dalam transformasi pendidikan ke arah yang lebih efektif, efisien, dan produktif, namun implementasinya memerlukan strategi yang matang untuk mengatasi berbagai tantangan yang ada.

Keywords


Teknologi Informasi, Pendidikan, Efektivitas Pembelajaran, Efisiensi Operasional, Produktivitas Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


I. Rosila dan A. Khobir, “Kontribusi Nahdlatul Ulama dalam Pengembangan Pendidikan di Indonesia Pasca-Kemerdekaan: Sebuah Kajian Sejarah dan Transformasi Sosial,” Bahasa dan Ilmu Sosial, no. 1, hlm. 191–209, 2024, doi: 10.61132/nakula.v3i1.1495.

D. Nur Septiyaningsih dkk., “Peran Teknologi dalam Penggunaan Media Belajar Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Journal on Education, vol. 07, no. 02, hlm. 10309–10318, 2025.

I. Malay, C. Tania, F. R. Ardiansyah, M. Satya Adifka, dan N. Salsabila Irawan, “Dampak Penerapan Teknologi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Lingkungan Pendidikan Sekolah dan Universitas,” 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety

Siti Aisyah, Ayu Fitriya Ramadani, Anggita Eka Wulandari, dan Choli Astutik, “Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, hlm. 388–401, Jan 2025, doi: 10.61132/sadewa.v3i1.1565.

A. Syahri, T. Rejekiningsih, dan E. B. Santosa, “Inovasi melalui Learning Management System (LMS): Studi Awal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM),” Journal on Education, vol. 06, no. 01, hlm. 8719–8729, 2023.

A. Agripina Shafa, “Implementasi Learning Management System dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 1, no. 4, hlm. 8, Jun 2024, doi: 10.47134/jtp.v1i4.658.

M. Yanto dkk., “ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial Personalisasi Pendidikan Berbasis AI dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa,” 2025, doi: 10.19105/ejpis.v1i.19116.

A. Kristiyanto, “Cloud Computing,” 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/379446558

L. Komala Sari, R. Komalasari, M. Faisal Hakim, R. Firmansyah, dan S. Asiah, “Integrasi Pengajaran Interaktif Melalui Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” Desember, 2024.

A. Rohmah dan S. Pradikto, “Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital dan Motivasi Terhadap Prestasi Akademik Siswa di MA-YA Ikhsan Kabupaten Pasuruan,” vol. 2025, hlm. 42–53, 2025, doi: 10.61132/jucapenbi.v2i1.140.

E. Saskiawati dan I. Mastoah, “Evektifitas E-Book Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD/MI,” 2025.

R. Aprilia, A. Setyani, W. Prasetyawati, dan J. R. Hartato, “IMPLEMENTASI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMKN 1 KOTA TEGAL,” 2025.

A. Fikri Nur dan Nurfuadi, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH,” 2024.

L. Efriyanti dan F. Annas, “APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” Procedia Soc Behav Sci, vol. 103, hlm. 685–694, 2020, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.388.




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v6i1.6807

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Citra Fadilah Hasibuan, Grace Patricia, Novan Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device