Perancangan Game Edukasi Pengenalan Huruf Dan Angka Aritmatika Untuk Anak Usia Dini Dengan Metode RAD Berbais Android
Abstract
Game edukasi merupakan media pembelajaran yang efektif dan interaktif, digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Dengan menggabungkan antara belajar dan bermain, game edukasi dapat menarik minat siswa dan membuat proses belajar lebih menyenangkan. Tujuan utama game edukasi adalah untuk mentransfer ilmu pengetahuan secara efektif dan mudah dipahami oleh peserta didik. Dalam beberapa penelitian, game edukasi telah terbukti meningkatkan hasil belajar dan peningkatan konsep uraian, serta memberikan pelajaran yang bermanfaat bagi siswa. Perancangan game edukasi biasanya melibatkan tahap-tahap seperti penentuan rancangan, pembuatan game, dan implementasi, dengan menggunakan software seperti Game Maker atau Construct 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dan menarik, terutama dalam mata pelajaran seperti pengenalan huruf alfabet dan ilmu pengetahuan alam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Putra Dian Wahyu, Prasita Nugroho A., Puspitarini Wahyu Erri (2019). “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini”.
Kosasi Sandy. (2019). “Penerapan Rapid Aplication Devlopment Dalam Sistem Perniagaan Elektronik Furniture”.
Purnomo Aji Fendi, Pratisto Harry Eko, Sahrul Firma (2019). “Pembuatan Game Edukasi Petualangan Si Gembul Sebagai Pembelajaran Pegenalan Daerah Solo Raya Pada Anak”.
Fithri Laily Diana & Dave Andre Setiawan (2019). “Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini”.
Sudiarjo Aso, Arni Retno Mariana, Nurhidayat Wahyu (2019). “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android”.
Nazruddin Safaat H. (2019). “Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”.
Rosa & Shalahuddin (2019). “Jenis – Jenis Diagram UML (Unified Modeling Language”.
Sadewa Ifan, Siahaan Khondar. (2019). “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa (UKM) Berbasis Web Pada Universitas Batanghari”.
Prasetyo, A. (2019). Pembuatan Game “Tempo Doeloe “Menggunakan Software Role Playing Game (Rpg) Maker Vx Ace (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Sukanto, P. S., & Adnyana, I. K. W. (2019). Game Edukasi RPG Seal Breaker Menggunakan RPG Maker MV Berbasis Android. Jurnal Bahasa Rupa, 2(1), 68-79
DOI: https://doi.org/10.46576/device.v5i2.4820
Article Metrics
Abstract view : 7 timesPDF – 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 imron rusyadi, M Arif Rahman, buyung solihin hasugian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:
Member Of :
DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Published by :FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
E-mail : admin_device@dharmawangsa.ac.id
Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device