Integrasi Teknologi Manajemen Proyek Sistem Informasi Pada Proses Pemilihan Pegawai Terbaik di DPMPTSP Kota Medan

RA. Ghina Zahidah, Yahfizham Yahfizham

Abstract


Dalam era digital ini, Integrasi teknologi telah menjadi inti dari perkembangan modern dalam berbagai bidang kehidupan. Termasuk pada penelitian ini menggunakan integrasi teknologi dalam manajemen proyek sistem informasi, khususnya dalam konteks proses pemilihan pegawai terbaik di DPMPTSP Kota Medan, teknologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan (SPK).  SPK ini dirancang berbasis web untuk mempermudah proses seleksi dengan menyediakan data yang relevan, analisis yang mendalam, dan rekomendasi yang akurat. Metode yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW) yang digunakan untuk menentukan alternatif terbaik dari beberapa pilihan dengan mempertimbangkan 5 kriteria penilaian, yaitu kedisiplinan kerja, tingkat pengetahuan, produktivitas, kerja sama tim, dan keterampilan komunikasi. Nantinya, pegawai terbaik akan ditentukan melalui proses penjumlahan bobot yang diperoleh dari hasil perkalian antara matriks ternormalisasi dengan bobot setiap kriteria. Alternatif dengan nilai tertinggi setelah proses penjumlahan dianggap sebagai solusi terbaik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SPK dengan metode SAW dapat meningkatkan objektivitas dan efisiensi dalam proses seleksi pegawai terbaik di DPMPTSP Kota Medan.


Keywords


Integrasi Teknologi, Sistem Pedukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Pegawai Terbaik, Alternatif

Full Text:

PDF

References


Erfayliana, Y., Kusumawati, O., & Juniarta, T. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 107-118.

Sarwandi, L. T. S., Hasibuan, N. A., Sudipa, I. G. I., Syahrizal, M., Alwendi, M., Muqimuddin, B. D. M., ... & Israwan, L. F. (2023). Sistem pendukung keputusan. Graha Mitra Edukasi.

Wahyudi, I., & Muhammad, M. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. VISA: Journal of Vision and Ideas, 2(3), 56-63.

Sari, M. R., Oriona, J., & Sutanti, I. N. F. (2023). Implementasi Metode SAW dalam Pemilihan Paket Internet Biznet Paling Diminati di Kelurahan Mugassari. Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, 19(2), 34-40.

Burhan Bungin. (2006), “Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikatif, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya”, (Jakarta: Kencana), h. 122.

Amirin, Tatang M., (1995) “Menyusun Rencana Penelitian", (Jakarta. PT Raja Grafindo Persada), h. 132

Supiyandi, S., Fuad, R. N., Hariyanto, E., & Larasati, S. (2020). Sistem pendukung keputusan pemberian kredit koperasi menggunakan metode weighted product. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(4), 1132-1139.

Putra, N., Habibie, D. R., & Handayani, I. F. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Pada Tb. Nameene Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw). JURSIMA, 8(1), 45-51.

Andri, R. H., & Sitanggang, D. P. (2023). Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Pemilihan Supplier Terbaik Dengan Metode MOORA. Jurnal Sains Informatika Terapan, 2(3), 79-84.

Hermansyah, D., & Sihotang, F. P. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Staf Marketing Terbaik Menggunakan Metode SAW. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 303-312.

Asnawi, M. F., & Baihaqy, M. A. M. (2019). Implementasi Metode Simple Additive Weigth (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Berprestasi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), 198-205.

Prilani, H., & Sulthon, B. M. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Distributor Terbaik Dengan Metode SAW. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 2(6), 216-224.

Vebriandi, M. Y., & Sudarsono, E. (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN PENERIMA KIP KULIAH MENGGUNAKAN METODE AHP DAN SAW. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 14(2), 96-103.

Gaputra, R., & Purnomo, A. S. (2024). SISTEM REKOMENDASI DOMPET DIGITAL MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(2), 1775-1782.




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v5i1.4470

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF – 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 RA. Ghina Zahidah, Y Yahfizham

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device