Perancangan Aplikasi Manajemen Proyek Sistem Informasi Dalam Pengendalian Proyek Pembangunan Berbasis Web

Dariana Tanjung, Yahfizham Yahfizham

Abstract


Industri konstruksi mengalami perkembangan yang pesat, tetapi juga dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks dalam pengelolaan proyek pembangunan. Namun, banyak proyek pembangunan menghadapi kendala seperti keterlambatan, peningkatan biaya, dan masalah kualitas, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya sistem informasi yang efisien. Aplikasi sistem informasi manajemen proyek menawarkan solusi komprehensif untuk mengatasi tantangan ini dengan menyediakan alat yang membantu perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pelaporan proyek secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi manajemen proyek dalam pengendalian proyek pembangunan, dengan fokus pada penggunaan metode waterfall. Metode waterfall dipilih karena sifatnya yang linear dan berurutan, sehingga memudahkan pemahaman dan pengendalian proses pengembangan. Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi masalah, melakukan studi literatur, dan mengidentifikasi kebutuhan sistem. Kemudian, sistem diuji dan diimplementasikan sesuai kebutuhan yang telah diidentifikasi sebelumnya. Setelah itu, laporan penelitian disusun untuk menyajikan hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian ini mencakup desain sistem informasi manajemen proyek yang dapat mengelola proyek pembangunan mulai dari tahap perencanaan hingga penyelesaian. Sistem ini memungkinkan kontraktor untuk memasukkan data proyek, membaginya menjadi berbagai bagian seperti data bahan, alat, pekerja, dan detail proyek, dan menghasilkan laporan yang disetujui oleh direktur.


Keywords


Proyek pembangunan, sistem informasi manajemen proyek, metode waterfall, pengendalian proyek, aplikasi proyek.

Full Text:

PDF

References


Stewart, A. (2019). Project Management in the Construction Industry: Challenges and Solutions. Journal of Construction Management, 42(3), 89-95.

Smith, J. (2018). _The Impact of Project Management Software on Construction Projects_. Construction Management Journal, 45(2), 102-110.

Brown, L., Thompson, K., & Williams, S. (2019). _Benefits of Project Management Applications in Building Projects_. Project Management Quarterly, 36(1), 56-64.

Jones, A., & Lee, M. (2020). _Strategies for Effective Project Control_. Project Management Today, 28(3), 34-41.

Michaela E Do Rego Lay(2016). Analisa Pengendalian Proyek Dengan Menggunakan Metode Nilai Hasil Pada Pembangunan Gedung Kuliah Mipa Center Tahap I Universitas Brawijaya Malang.

Riska A , Diah P , Rachilsyah Ramdhani E , Rizqi N E (2019). Implementasi Model Waterfall Pada Pembangunan Sistem Informasi Keuangan Proyek

Dini Silvi Purnia1, Achmad Rifai, Syaifur Rahmatullah. (2019), Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android_Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Patel, R., & Gupta, S. (2020). "Coding Phase in Software Development Process: Best Practices and Challenges." Journal of Computer Science and Technology, 15(3), 112-125.

Heru Setiawan, M. Qadafi K (2017),Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek : Sistem Informasi Kontraktor, 105

Rizaldi (2017) Penerapan Waterfall Dalam Membangun Sistem Informasi Pengolahan Data Pelaksanaan Konstruksi Pembangunan Jalan,Jurteksi (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), Hlm. 71 - 78

Nuraida W, Rizki A , Akbar G (2020) Perancangan Sistem Informasi Basis Data Inventaris Barang Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall,Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 102-115

R. Inggi, B. Sugiantoro, and Y. Prayudi, “Penerapan System Development Life Cycle ( Sdlc ) Dalam ( Sdlc ) Dalam Mengembangkan,” no. December, 2018, doi: 10.5281/zenodo.2528444.

Baiti R, Muhammad A, Noor L, Diana L(2023). Penerapan Metode Pieces Pada Sistem Informasi Manajemen WO MAX.ENTERTAINMENT, Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi. 99-107

Ilka Zufria, M.Kom (2022), Analisis dan Perancangan sistem informasi,IKAPI, Hlm.60

Suendri, M.Kom(2020), Buku Ajar Pemograman Berbasis Lanjutan.




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v5i1.4464

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF – 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dariana Tanjung, Yahfizham Yahfizham

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device