PENGARUH DIGITAL MARKETING, EWOM, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC MELALUI APLIKASI TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA DENPASAR

Ni Putu Della Puspita Damayanti, Dwi Sihwinarti, Gede Puspa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth (e-WOM), dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific melalui aplikasi TikTok di kalangan mahasiswa di Denpasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya penggunaan TikTok sebagai platform pemasaran digital yang mampu membentuk persepsi konsumen, serta dominasi produk impor seperti Skintific yang semakin kuat di pasar lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 135 responden mahasiswa yang merupakan pengguna aktif TikTok dan telah melakukan pembelian produk Skintific sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, digital marketing, e-WOM, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut juga secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran digital yang terintegrasi dengan konten kreatif, ulasan daring, dan kualitas produk yang konsisten dapat secara efektif meningkatkan keputusan pembelian di kalangan konsumen muda. Penelitian ini memberikan kontribusi secara teoretis terhadap pengembangan literatur di bidang pemasaran digital dan perilaku konsumen, serta memberikan implikasi praktis bagi perusahaan dalam merancang strategi promosi yang lebih efektif melalui platform media sosial seperti TikTok.


Keywords


Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

References


Akbar, M. F., Dewi, H., Ati, L., & Sukarson, A. (2024). Peran_Tiktok_Dalam_Meningkatkan_Brand_Awareness_Di. 4(1), 52–57.

Alwan, F., & Catya, K. (2023). Perancangan Visual Storytelling Media Sosial Sebagai Upaya Peningkatan Brand Awareness di Mojadiapp. Jurnal Barik, 5(1), 168–182. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Bachri, S., Putra, S. M., Farid, E. S., Darman, D., & Mayapada, A. G. (2023). the Digital Marketing To Influence Customer Satisfaction Mediated By Purchase Decision. Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(3), 578–592. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2023.021.03.03

Christy, E., & Sirait, T. (2024). The Influence of Electronic Word of Mouth Through Tiktok Social Media Platform on Consumer Purchase Intention on Beauty ProduChristy, E., & Sirait, T. (2024). The Influence of Electronic Word of Mouth Through Tiktok Social Media Platform on Consumer Purch. Devotion : Journal of Research and Community Service, 5(8), 877–898. https://doi.org/10.59188/devotion.v5i8.779

Erwin Permana, Nadya Amanda, Noer Fhadya Dwi Aninda, & Syamsurizal. (2024). Penerapan Strategi Content Marketing Untuk Membangun Brand Awareness Produk Skincare Skintific. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Perpajakan, 1(1), 60–75. https://doi.org/10.61132/jeap.v1i1.308

Fina, A., Rohmah, A., Crusma Fradani, A., & Indriani, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(2), 110–117. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jakbs/index

Indonesia, C. (2023). Viral, SKINTIFC Skincare Paling Diburu dan Raih Banyak Penghargaan. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230227194144-307-918563/viral-skintific-skincare-paling-diburu-dan-raih-banyak-penghargaan

Indrawati, Putri Yones, P. C., & Muthaiyah, S. (2023). eWOM via the TikTok application and its influence on the purchase intention of somethinc products. Asia Pacific Management Review, 28(2), 174–184. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2022.07.007

Khair, H., Maulidah, S. A., & Pasaribu, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Emosi Konsumen Sebagai Variabel InItervening (Studi Kasus Pada Wanita Pengguna Platfrom TikTok). Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM), 4(1), 446–452.

M. Muflih Prasetyo, S. W. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Kualitas Melalui Marketplace di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Business and Halal Industry, Volume: 1, 1–17. https://economics.pubmedia.id/index.php/jbhi

Mulyadi, M., Hariyadi, H., Hakim, L. N., Achmad, M., Syafri, W., Purwoko, D., Supendi, S., & Muksin, M. (2023). The role of digital marketing, word of mouth (WoM) and service quality on purchasing decisions of online shop products. International Journal of Data and Network Science, 7(3), 1405–1412. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2023.3.023

Nabila, N. H. P. (2023, September 16). Pasar Kosmetik Lokal Anjlok 50%, Barang Impor di E-Commerce Disorot - Industri Katadata.co.id. https://katadata.co.id/berita/industri/65055d5fbc4d1/pasar-kosmetik-lokal-anjlok-50-barang-impor-di-e-commerce-disorot?utm_source=chatgpt.com

Nova Amalia Fitri, Luluk Nayang, Alvin Surya Close, Virma Irmanda, Nurizka Alledya Zakina, Desti Arbaeti Hidayah, Salma Atika, & Suhariyanto Suhariyanto. (2024). Strategi Pembuatan Video Konten Digital Marketing Melalui Aplikasi Tiktok Di SMK N 1 Semarang. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(3), 127–137. https://doi.org/10.59841/saber.v1i3.1392

Oktavian, R. F., & Wahyudi, H. (2022). The Influence of Product Quality and Price on Purchase Decisions. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 379–392. https://doi.org/10.36555/almana.v6i2.1911

Oktaviani, E., Wasono, A., Prakoso, I., Manajemen, M. M., Jakarta, U. P., Manajemen, D. M., & Jakarta, U. P. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL DAN STRATEGI. 16, 16–26.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Rahmadhani, R., & Prihatini, A. E. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 23–30. https://doi.org/10.14710/jab.v8i1.23766

Rihayana, I. G., Salain, P. P. P., Rismawan, P. Pa. E., & Antari, N. K. M. (2021). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE DECISION. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(06), 342–350. http://doi.org/10.35409/IJBMER.2021.3345

Rosita, & Satyawisudarini, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pembelian Onlne Produk T-Shirt SameSame Clothing). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (ALMANA), 1(1), 13. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.11055

Rusdianto, A., & Azhar, A. (2025). EKSPLORASI PERAN KONTEN VISUAL DALAM ONLINE REVIEWS : STUDI KUALITATIF TENTANG PENGARUH FOTO DAN VIDEO TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN DAN NIAT PEMBELIAN. 9(1), 217–224.

Salsabila, A. P., & Ajibulloh, A. A. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING PADA MEDIA TIKTOK SHOP TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PADA GEN Z. 6(2), 299–307.

Setiawardhani, W. O. (2025). PERAN PACKAGING DALAM STRATEGI MARKETING BAGI DAYA TARIK BELI KONSUMEN ( STUDI KASUS AIR MINERAL UMTQU ). 6(1), 152–162.

Suandi, C. D., & Djakasaputra, A. (2024). Anteseden dan Konsekuensi Interaksi Sosial dalam Keputusan Pembelian: Gen Z Tokopedia. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(2), 292–299. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i2.29832

Utami, H. N., & Chaeriyah, A. (2019). CUSTOMER CENTRICITY: KEPUASAN KONSUMEN MELALUI NILAI PELANGGAN BERDASARKAN VALUE-IN-USE TERHADAP KUALITAS PRODUK SAYUR ORGANIK (Studi kasus di Ujenk Mart Bandung, Jawa Barat). Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 3(1). https://doi.org/10.24198/agricore.v3i1.18179




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6821

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ni Putu Della Puspita Damayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index