Pengaruh Social Media Marketing dan Green Marketing terhadap Repurchase Intention Fore Coffee di Kalangan Gen Z Kota Denpasar

Samuel Yogi Kusdyatama, Putu Astri Lestari, Gede Yudha Anugerah Pratama

Abstract


Perkembangan teknologi digital di Indonesia telah berubah secara signifikan di berbagai aspek, terutama dalam sektor pemasaran. Perubahan digital ini bukan hanya mencakup penerapan metode bisnis yang baru, namun juga berpengaruh dalam cara memasarkan sesuatu. Perubahan tersebut adalah dengan munculnya media sosial yang memungkinkan bisnis dapat berinteraksi dengan konsumen melalui konten yang relevan. Fenomena ini menciptakan peluang strategis bagi perusahaan untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran guna menjangkau konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pengaruh dari penerapan pemasaran media sosial dan pemasaran hijau terhadap kecenderungan Generasi Z untuk membeli kembali produk Fore Coffee. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian ini mencakup 100 responden yang memenuhi kriteria sebagai anggota Generasi Z di Denpasar dan sebelumnya pernah melakukan transaksi dari produk Fore Coffee minimal satu kali. Software SPSS digunakan untuk mengolah data yang terkumpul, meliputi analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji instrumen data. Berdasarkan penelitian, faktor social media marketing dan green marketing berpengaruh positif serta signifikan terhadap repurchase intention produk Fore Coffee pada kalangan Gen Z di Kota Denpasar.

Keywords


Social Media Marketing, Green Marketing, Repurchase Intention

References


Afif, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Packing Produk Minuman PT. Singa Mas Pandaan. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 1(2), 103–125. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.11

APJII. (2024, February 7). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Aurelia, B., Ratnaningrum, R., Susilowati, H., & Hargyatni, T. (2024). Pengaruh Green Marketing dan Promosi Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Eco-Friendly di Solo Raya. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 3(3), 129–137. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i3.2498

Dirgayasa, I. M., & Darma, G. S. (2024). Analyzing the Impact of Social Media Marketing, Green Marketing, and Developer Reputation on Property Purchase Intention. Journal of Ecohumanism, 3(4), 1250–1260. https://doi.org/10.62754/joe.v3i4.3655

Efendi, O., & Giyana, G. (2025). Persepsi Gen Z terhadap Penggunaan Social Media Marketing sebagai Media Komunikasi dalam Proses Keputusan Pembelian Kopi Kenangan. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 3(1), 195–208. https://doi.org/10.59024/jumek.v3i1.529

Febrianti, S. Y., Hermawan, A., & Guntara, R. G. (2024). Analisis Pengaruh Content Marketing dan Green Marketing Terhadap Purchase Decision pada Brand Skincare Avoskin Beauty. Journal of Management and Innovation Entrepreunership, 2(1), 1072–1080. https://doi.org/0.70248/jmie.v2i1.1146

Fore Coffee. (2022, October 24). Filosofi di Balik Logo Fore Coffee, Apa Maknanya? -. Fore Coffee. https://fore.coffee/filosofi-di-balik-logo-fore-coffee-apa-maknanya/

Hanifah, R. Z., & Ariyanti, M. (2022). Pengaruh Green Marketing terhadap Repurchase Intention pada The Body Shop Bandung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 548. https://doi.org/10.34308/eqien.v10i2.580

Hidayati, F. N., & Priyono, B. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Marketing dan Word Of Mouth (WOM) terhadap Minat Beli pada UMKM Sprouts Farms. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship, 6(1), 35–42. https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/775

Ismail, T., & Aldiansyah, M. W. (2024). Green Marketing and Purchase Intention for Fore Coffee Products. Journal of Economics Research and Social Sciences, 8(2), 172–183. https://doi.org/10.18196/jerss.v8i2.23282

Maemunah, A., & Ratnamurni, E. D. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Repurchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Image Produk Lipstik Revlon Di Kota Bandung. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 2453–2464. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10372

Mulyadi, D., & Utami, F. N. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Repurchase Intention Melalui eWOM pada Produk The Originote di Indonesia. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(11), 8385–8404. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i11.4423

Pertiwi, B. A. S., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Strategi Green Marketing dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1376–1383. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1376-1382

Prameka, A. S., & Kurniawan, D. T. (2021). Peran Green Marketing pada Repurchase Intention Merek Kopi Ramah Lingkungan di Indonesia. Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 151–162. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i2.940

Putri, P. W., & Jatra, I. M. (2024). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repurchase Intention dengan Brand Image sebagai Mediasi (Studi pada Pelanggan Produk Lipstik Revlon di Kota Denpasar). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(2), 85–103. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i2.2402

Ramadhani, M. R., & Ariyanti, M. (2024). Exploring The Influence Of Social Media Marketing On Brand Trust, Brand Image, And Brand Loyalty For Fore Coffee. International Journal of Science, Technology & Management, 5(4), 935–946. https://doi.org/10.46729/ijstm.v5i4.1149

Romansyah, A. Y. D. P., Zhalifa, A., & Muhammad, A. F. (2024). Analisis Penerapan Green Marketing Pada Fore Coffee Makassar. Jurnal Interdisipliner, 1(1), 45–54. https://www.eksopoda-publisher.com/index.php/JUNTER/article/view/172

Safitri, R. V., Ngatno, N., & Farida, N. (2024). The Influence of Green Marketing on Repurchase Intention and Customer Loyalty Through Customer Satisfaction as a Mediation Variable. Journal of Tourism Economics and Policy, 4(1), 82–87. https://doi.org/10.38142/jtep.v4i1.972

Safrudin, R., & Anggarani, A. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Pengalaman Merek terhadap Niat Beli dengan Ekuitas Merek sebagai Variabel Mediasi Pada Kopi Fore. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(5), 156–185. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i5.1190

Subawa, N. S., Widhiasthini, N. W., & Suastika, N. P. M. W. S. (2020). The effect of experiential marketing, social media marketing, and brand trust on repurchase intention in Ovo applications. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences. https://doi.org/10.21744/irjmis.v7n3.881

Sudrajat, N. D. A., Chairunnisa, G., Assyifa, S. N., Wulandari, N., & Rimadias, S. (2024). Stream to Shop: Perilaku Belanja Gen Z Pada Social Commerce dan Apa Yang Paling Memikat Mereka. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (JMPD), 2(3), 257–272. https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3

We Are Social. (2024). Digital 2024 Indonesia. We Are Social. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6812

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Samuel Yogi Kusdyatama, Putu Astri Lestari, Gede Yudha Anugerah Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index