Pengaruh Online Review dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Akomodasi melalui Airbnb di Kabupaten Badung

I Nyoman Rendi Adi Kusuma, I Made Satrya Ramayu, Putu Yogi Agustia Pratama

Abstract


Di era digital, perkembangan Online Travel Agent (OTA) seperti Airbnb menghadirkan tantangan dan peluang baru dalam perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online review dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian akomodasi melalui Airbnb di Kabupaten Badung, Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik dan internasional berusia di atas 20 tahun yang melakukan penyewaan akomodasi melalui Airbnb selama 12 bulan terakhir. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik non-probability sampling dan pendekatan purposive sampling. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan explanatory research dan teknik analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner dengan skala Likert yang disusun dan disebarkan secara daring untuk mengumpulkan data dalam bentuk tanggapan numerik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online review dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menegaskan pentingnya reputasi digital dan penyesuaian layanan akomodasi dengan gaya hidup melalui nilai dan preferensi konsumen. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi pemilik akomodasi dalam mengelola reputasi digital secara strategis dan menyesuaikan layanan dengan gaya hidup target pasar untuk meningkatkan intensi dan realisasi pembelian.

References


Andono, B., & Maulana, Y. I. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI ONLINE TRAVEL AGENT TRAVELOKA (Studi pada konsumen di lingkungan mahasiswa STTKD). Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(1), 62–72. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i1.570

Bakker, M., & Twinning-Ward, L. (2018). Tourism and the sharing economy: Policy & Potential of Sustainable Peer-to-Peer Accommodation. In World Bank Group. www.worldbank.org

Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174–183. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981

Filieri, R., & McLeay, F. (2014). E-WOM and Accommodation: An Analysis of the Factors That Influence Travelers’ Adoption of Information from Online Reviews. Journal of Travel Research, 53(1). https://doi.org/10.1177/0047287513481274

Ganapati, I. D. G., Sukwika, T., & Sulistyadi, Y. (2021). Analisis Dampak Platform Peer-To-Peer Airbnb Terhadap Usaha Perhotelan Konvensional di Provinsi Bali. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(1), 34–47. https://doi.org/10.34013/jk.v5i1.340

Guttentag, D. (2015). Airbnb: disruptive innovation and the rise of an informal tourism accommodation sector. Current Issues in Tourism, 18(12), 1192–1217. https://doi.org/10.1080/13683500.2013.827159

Hasibuan, I. M., Mutthaqin, S., Erianto, R., & Harahap, I. (2023). Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Nasional. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2), 1177–1217.

Marthasari, D., & Widjaja, D. C. (2020). Pengaruh Ulasan Online Pada Online Travel Agency (OTA) Terhadap Minat Pemesanan Kamar Hotel Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/jmhot.6.1.1-8

Nomleni, A. B., Sakunab, M. M., Moda, F., Djuang, G., & Fallo, A. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiket.Com. ORGANIZE: Journal of Economics, Management and Finance, 2(2), 97–106. https://doi.org/10.58355/organize.v2i2.20

Puspitasari, C. D., & Susanti, A. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Online Customer Review Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pengguna Aplikasi Ovo Di Solo Raya. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 1(3), 241–256. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i3.1892

Rangkuti, P. A., & Pasaribu. (2024). Pengaruh Kepercayaan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar Menggunakan Online Travel Agent Di Hotel Pangeran Beach Padang. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 7(2), 113–117. https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.84019

Sagita, P. A. W., & Negara, I. M. K. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Dalam Melakukan Pemesanan Akomodasi Melalui Online Travel Agents Di Kawasan Wisata Ubud. Jurnal IPTA, 7(2), 155–162.

Setiawan, P. Y., & Widanta, A. A. B. P. (2021). The effect of trust on travel agent online use : Application of the technology acceptance model. International Journal of Data and Network Science, 5, 173–182. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.6.015

Silalahi, R. M. M., & Hartati, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse” (Kasus pada Mahasiswa YKPN Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis, 2(2), 139–156. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/261

Sitepu, J. H., Khair, H., & Pasaribu, F. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen EDC (Electronic Data Capture) Yokke yang Dimediasi Oleh Keputusan Pembelian” (Studi Kasus Pengguna EDC Yokke PT. Mitra Transaksi Indonesia). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 200–214. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.622

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. In T. Fiktorius (Ed.), KLIK MEDIA. KLIK MEDIA.

Woodward, M. (2025). AIRBNB STATISTICS [2025]: USER & MARKET GROWTH DATA. Search Logistics. https://www.searchlogistics.com/learn/statistics/airbnb-statistics/

Yapsani, A., Kristianto, F., Handayati, F. D., & Rosalina, Y. (2020). Pengaruh Online reviews terhadap Intensi Pemesanan Hotel Secara Online di Jakarta. PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.21632/perwira.3.1.1-14

Zayrin, A. A., Nupus, H., Maizia, K. K., Marsela, S., Hidayatullah, R., & Harmonedi. (2025). Analisis Instrumen Penelitian Pendidikan (Uji Validitas Dan Relibilitas Instrumen Penelitian). QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(2), 780–789. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1070

Zhao, X. (Roy), Wang, L., Guo, X., & Law, R. (2015). The influence of online reviews to online hotel booking intentions. Emerald Insight, 27(6). https://doi.org/10.1108/IJCHM-12-2013-0542




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6809

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 I Nyoman Rendi Adi Kusuma, I Made Satrya Ramayu, Putu Yogi Agustia Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index