ANALISIS PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN DIRECT MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA CV. ASIA LAND PROPERTY

Ilham Faniansyah, Muhammad Febrian Rachmadhan Amri, Putu Yogi Agustia Pratama

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi digital saat ini telah mendorong industri properti untuk menggunakan strategi pemasaran yang lebih adaptif dalam menjangkau target pasar, salah satunya dengan melalui media sosial dan pemasaran secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing & Direct Marketing terhadap minat pembelian pada CV. Asia Land Property, sebuah perusahaan agent properti yang berlokasi di Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang disebarkan kepada calon pembeli yang pernah berinteraksi dengan tim sales Asia Land Property melalui Whatsapp. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa baik Social Media Marketing maupun Direct Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian konsumen. Strategi pemasaran berbasis konten video visual yang menarik dan komunikasi langsung secara personal terbukti mampu meningkatkan daya tarik calon pembeli terhadap produk properti yang ditawarkan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran digital pada sektor properti, dan juga menjadi refrensi bagi perusahaan dalam memaksimalkan penggunaan media sosial dan teknologi komunikasi untuk mendorong peningkatan konversi penjualan.


Keywords


Social Media Marketing, Direct Marketing, Interest Buying, Property, Digital Marketing.

References


Bakti, U., & Septijantini Alie, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. In Jurnal Ekonomi (Vol. 22, Issue 1). https://mediakonsumen.com/2018/05/14/sur

Ghozali Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Universitas Diponegoro.

Kotler keller. (2022). Intisari Manajemen Pemasaran Edisi Keenam. Andi Offset. https://books.google.co.id/books?id=KwLZzwEACAAJ

Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 741. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08.i02.p19

Oktriyanto, B., Listya Budiarto, G., Oktavianus Siahaan, S., & Sanny, L. (2021). Effects of Social Media Marketing Activities Toward Purchase Intention Healthy Food in Indonesia. In Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (Vol. 12, Issue 10).

Pebriani, W., & Busyra, N. (2023). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Era New Normal. Jurnal EMT KITA, 7(1), 83–89. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.739

Puspita, N., Nurhidayati2, H., & Anggraini3, V. (2019). PENGARUH PROGRAM DIRECT MARKETING TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA FUNCTION ROOM DI HARRIS HOTEL SENTUL CITY BOGOR. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(2), 82–93. https://doi.org/10.9744/jmhot.5.2.82-93

Sanjaya, A. S. (2020). Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Climatethirty. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 5, Issue 4).

Suparwo, A., & Tristyantie, M. (2020). Menakar Direct Marketing dan Kepercayaan Pelanggan Dalam Pembelian Paket Umrah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung. 17(4). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6801

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ilham faniansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index