PERAN CONTENT MARKETING, INFLUENCER MARKETING, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI PRODUK WANGI FRAGRANCE DI BALI

Dewi Fitri Aisah, Dwi Sihwinarti, Putu Yogi Agustia Pratama

Abstract


Industri parfum di Indonesia terus berkembang pesat, didukung oleh semakin banyaknya merek lokal yang berhasil menempatkan diri di pasar dan menarik perhatian konsumen. Salah satunya Wangi Fragrance merupakan salah satu merek parfum lokal asal Bali yang berdiri sejak tahun 2021. Di tengah berkembangnya tren parfum lokal yang semakin mendunia, Wangi Fragrance dituntut untuk mampu bersaing dan bertahan di pasar. Untuk itu, Wangi Fragrance menerapkan pemasaran digital yang meliputi influencer marketing, content marketing, dan peningkatan brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan peran pemasaran digital tersebut terhadap minat beli konsumen produk Wangi Fragrance di Bali. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan informan terdiri dari founder, admin media sosial, content creator, serta konsumen dan calon konsumen Wangi Fragrance. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) content marketing efektif dalam meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk; (2) influencer marketing berperan penting dalam memperluas jangkauan pengenalan merek; dan (3) brand awareness memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk minat beli konsumen. Peran dari ketiga strategi pemasaran digital tersebut saling berinteraksi dan berkontribusi dalam meningkatkan minat beli produk Wangi Fragrance

Keywords


Content marketing, Influencer marketing, Brand awareness, Minat Beli

References


Amri, M. S. (2021). Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Content marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Compass(Studi Kasus Konsumen Sepatu Compass di Kota Surakarta).

Amrita, N. D. A., Mandiyasa, I. K. S., & Handayani, M. M. (2024, April). Digital Marketing : Teori, Implementasi dan Masa Depan Digital Marketing.

Ariyani, H., Widiawati, A., & Asbara, N. W. (2023). Pengaruh Brand awareness Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Nobel Indonesia. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver

Dewi, N. P. S., Suriani, N. N., & Yogiarta, I. M. (2024). Pengaruh Content marketing, Influencer marketing, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Kasyaraa Di Kabupaten Badung. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ, 6(2), 100–109. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbj

Erfiana, W., & Purnamasari, D. (2023). Strategi Content marketing Influencer Melalui Shopee Affiliate Program Pada Instagram. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 11(2), 134. https://doi.org/10.30659/jikm.v11i2.28261

iskandar, Faridatunnissa, D., & wachjuni. (2023). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Content marketing Sebagai Variabel Intervening (Survei pada para pengguna TikTok yang berbelanja pada marketplace Shopee).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles Of Marketimg Eight Europe An Edition. www.pearson.com/uk

Kotler, Philip., & Keller, K. Lane. (2022). Marketing management. Prentice Hall.

Mawarda, A. (2024). Pengaruh Content marketing Dan Influencer marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening.

Pratiwi, D., Hermawati, A., & Kurniawati, D. (2023). Pengaruh Content marketing, Influencer, Dan Free Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Fashion Pada Tiktokshop. JIMP, 3(1).

Prayogo, A., Fauzi, A., Sapto Bagaskoro, D., Alamsyah, A., Tonda, F., Hafidzi, M. K., Radittya, M., Fatturrohman, H., & Wijaya, S. (2023). Pengaruh Brand Image, Viral Marketing dan Brand awareness Terhadap Minat Beli Konsumen. 1(4). https://doi.org/10.38035/jim.v1i4

Riska Anggraini, T. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Brand awareness Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Emina. https://doi.org/10.25273/The

Seruni, N. N. A., Suryaniadi, S. M., & Dewi, N. I. K. (2024). Pengaruh Influencer marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Kecantikan Brand Azarine Pada Generasi Z : Studi Kasus Kabupaten Badung. 8(3).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian 2022 Sugiyono




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6797

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dewi Fitri Aisah, Dwi Sihwinarti, Putu Yogi Agustia Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index