PENGARUH GAYA HIDUP, DOMPET DIGITAL DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN PADA MAHASISWA FEB-UNIMA
Abstract
This research aims to analyze the influence of lifestyle, digital wallets and financial literacy on the financial behavior of students at the Faculty of Economics and Business, Manado State University (FEB-UNIMA). The background of this study is based on the phenomenon of student financial behavior that tends to be consumptive, has difficulty saving, and does not understand the importance of long-term financial planning. This study uses a quantitative approach with a survey method by distributing questionnaires to active students majoring in Management and Accounting, class of 2021–2024 who use digital wallets and are recipients of KIP-Kuliah scholarships. The data analysis technique used is Partial Least Square (PLS) with the help of SmartPLS 4 software. The results of the study show that lifestyle, digital wallet, and financial literacy simultaneously have a significant effect on student financial behavior. Partially, the three variables also have a significant effect. Thus, this study emphasizes the importance of improving financial literacy as well as managing lifestyle and using digital wallets wisely to create healthy financial behavior in students.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidzar, M., Indriayu, M., & Hindrayani, A. (2023). Pengaruh Dompet Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Surakarta. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(2), 259-267. https://doi.org/10.23969/oikos.v7i2.6439
Aini, S. N., Wahyudi & Siswantini, T. (2021). Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Mahasiswa UPN Veteran Jakarta di Masa Pandemi. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 74-85. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i1.2605
Dilasari, D. (2020). Pengaruh Financial Literacy, Financial Behaviour, Financial Attitude, Life Style, Locus Of Control Dan Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif. Prisma. Platform Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(4), 74-87. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/658
Gahagho, Y. D., Rotinsulu, T. O., & Mandei, D. (2021). Pengaruh literasi keuangan sikap keuangan dan sumber pendapatan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis unsrat dengan niat sebagai variabel intervening. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 545-555. https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32337
Hengkeng, S. N., Tumiwa, R., & Lumapow, L. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Manado. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(4).
Jamiil, S. C. (2022). Peran Mediasi Literasi Keuangan Pada Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Keuangan Di Kalangan Aktivis Perempuan Muslim (Studi Kasus Padafatayat Nu Dan Nasyiatul Aisyiah Diy). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42519
Lutemadi, A. R., Bogar, W., & Kumajas, L. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Kepuasan Keuangan melalui Perilaku Mengelola Keuangan pada Generasi Sandwich di Kota Makassar. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(4).
Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455-1463. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1455-1463
Panungkelan, K. B., Lumapow, L., & Pontoh, J. X. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Norma Subjektif, Financial Technology Payment Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Umkm Food & Beverage (Studi Umkm Di Tondano Raya). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(1).
Putri, W. D., Fontanella, A., & Handayani, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Financial Technology, Gaya Hidup dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Akuntansi Dan Manajemen, 18(1), 51-72. https://doi.org/10.30630/jam.v18i1.213
Rafidah, R., Alawiyah, R., & Muliyana, M. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Jurnal Economina, 1(1), 49-62. https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.25
Rahmi, A., Nilasari, E., & Gafur, A. (2024). Penggunaan Media Sosial Tik Tok, Dompet Digital, Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Generasi Z Di Kota Banjarmasin. Al-Ujrah. Jurnal Ekonomi Syariah, 2(01), 10-35. https://doi.org/10.63216/al-ujrah.v2i01.289
Sada, Y. M. V. K. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Literasi Akuntansi, 2(2), 86-99. https://doi.org/10.55587/jla.v2i2.35
Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta Lpm, 24(2), 309-318. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481
Silaban, D. G. M., & Kumajas, L. (2024). Pengaruh Pengalaman Keuangan, Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Manado. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(5).
Subagja, D., Handri, D. R., & SE, M. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku keuangan. In Bandung Conference Series: Business and Management, 4(1).
Sufyati, H. S., & Lestari, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(5), 2415-2430. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i5.396
Suryani, A. (2013). Profil gaya hidup sehat lansia yang aktif melakukan olahraga Kesehatan. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Syahfitri, A. N., Hendrato Setiabudi Nugroho, S. E., & Safitri, T. A. (2023). Pengaruh penggunaan dompet digital dan gaya hidup hedonisme terhadap perilaku keuangan mahasiswa di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta). https://digilib.unisayogya.ac.id/7056/
Widyakto, A., Murtini, D., Hanifah, R. U., & Santoso, A. (2023). Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Pegetahuan Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 410-422. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1256
Zahra, N., Sanaji. (2021). Peran Moderasi Motivasi Hedonis pada Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Niat Penggunaan Ulang Layanan Dompet Elektronik di Kalangan Milenial. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 9(1), 57-67.
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6785
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Herningsih Sutri Lembong

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index




.gif)





