STRATEGI PEMASARAN DAN ANALISIS BREAK EVEN POINT (BEP) PADA UMKM KAPISA CAFFE

Selvy Dwi Widiyanti, Susilawati Susilawati, Ayu Puspa Lestiyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dan Break Event Point (BEP) pada UMKM Kapisa Caffe di Jl. Mr. Wuryanto, Sumurrejo, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat kualitatif dengan analisis data berupa metode analisis desktiptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 konsumen sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian dan pembahasa serta perhitungan dari data yang di olah, maka kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian mengenai strategi pemasaran dan analisis Break Event Point pada UMKM Kapisa Caffe adalah menunjukkan bahwa Strategi pemasaran Kapisa Caffe memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, selain itu hasil penelitian terhadap Analisis Break Even Point (BEP) UMKM Kapisa Caffe menunjukkan bahwa perhitungan BEP rupiah UMKM Kapisa Caffe sebesar Rp. 47.647.059 dan jumlah BEP unitnya sebesar 2.063. Yang artinya, dapat diketahui bahwa impas Kapisa Caffe ini adalah pada saat melakukan penjualan sebesar Rp 47.647.059 dengan jumlah 2.063 cup. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi startegi pemasaran yang dilakukan oleh Caffe Kapisa maka akan semakin baik pula respon dari para konsumen.


Keywords


Strategi Pemasaran, Break Event Point

References


Afifullah, A. R. (2019). Analisis Break Event Point Pada Cafe Di Malang (Doctoral dissertation,University of Muhammadiyah Malang).

Badirika, H. (2012). Analisis Break Even Point Pada PT. Intraco Penta Tbk (Doctoral dissertation,Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Heru, Maruta. “Analisis break even point (bep) sebagai dasar perencanaan laba bagi manajemen”. Hal. 11 dissertation,Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Herjanto (2007:151), Pengertian BEP dan manfaat Break Even Point bagi Perusahaan KD, A. P. (2012). Analisis Break Even Terhadap Perencanaan Laba Pr. Kreatifa Hasta Mandiri YOGYAKARTA. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(2).

Marissa Haque, dkk, “Strategi Pemasaran, Konsep, Teori dan Implementasi”, Pascal Books, Tangerang Selatan, 2023

Ponomban, C. P. (2013). Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada PT. Tropica Cocoprima. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6770

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Selvy Dwi Widiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index