Pengaruh Potongan Harga dan Daya Tarik Iklan Terhadap Pembelian Impulsif pada layanan Gofood
Abstract
Perubahan teknologi digital telah mendorong peningkatan aktivitas belanja online termasuk dalam layanan pesan antar makanan seperti Gofood dari Gojek. Fenomena pembelian impulsif semakin sering terjadi akibat potongan harga dan daya tarik iklan yang ditawarkan melalui aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan potongan harga dan daya tarik iklan terhadap pembelian impulsif pada layanan Gofood. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan survei kepada 277 responden pengguna Gofood di wilayah Tangerang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan data analisis menggunakan regresi linear berganda pada software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potongan harga maupun daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin menarik potongan harga dan iklan yang ditampilkan, semakin besar kemungkinan pengguna melakukan pembelian impulsif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu potongan harga dan daya tarik merupakan faktor penting yang mendorong pembelian impulsif pada layanan Gofood.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adi Ahdiat. (2022, December 8). Layanan Transportasi Online yang Digunakan Responden (Agustus-September 2022)). Databoks.Katadata.Co.Id.
Agustina, R., Hinggo, H. T., & Zaki, H. (2023). PENGARUHBRANDAMBASSADOR,E-WOM,DANBRANDTRUSTTERHADAPKEPUTUSANPEMBELIANPRODUKERIGO. JurnalIlmiahMahasiswaMerdekaEMBA.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Ariyanti, L., & Setyo Iriani, S. (2022). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA SAAT SPECIAL EVENT DAY (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE JAWA TIMUR). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 491–508. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.58
Damayanti, M., & Setiawan, A. (2023). Faktor-Faktor Pengaruh Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Generasi Milenial Di Kabupaten Semarang. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 1–18. https://doi.org/10.70136/el-iqtishod.v7i2.414
Dewi, G. H. T., & Fitriani, F. (2021). Pengaruh Adverting, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Make Over (Studi Pada Mahasiswa FEB UM Metro). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 1(3), 561–573. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v1i3.1032
Fazri, A. F., Arifin, R., & Primanto, A. B. (2020). Pengaruh Visual Merchandising, Potongan Harga, Kualitas Layanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi Pada Pembeli Toko Paradise (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Sisir). JurnalIlmiahRisetManajemen.
Fernanda, M. (2019a). Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Internet, dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 07. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i5.6073
Fernanda, M. (2019b). Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Internet, dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 07. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i5.6073
Gunawan, M., & Sukresna, M. (2023). Pengaruh Potongan Harga, Kenyamanan, Interaktivitas, dan Keterlibatan Terhadap Niat Pembelian Impulsif Pada Fitur Live Streaming di Platform E-Commerce. DiponegoroJournalofManagement, 12.
Hasbi, I., & Lestari, M. A. (2022). PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN GOFOOD DI KOTA BANDUNG. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 24(1), 15–26. https://doi.org/10.34208/jba.v24i1.1045
Hasim, M., & Lestari, R. B. (2022). Pengaruh Potongan Harga, Motivasi Belanja Hedonis, E-WOM dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Impulse Buying di Tokopedia. JurnalIlmiahUniversitasMultiDataPalembang.
Herlina, & Widyaningrum, D. (2022). Menakar Kecenderungan Perilaku Impulse Buying Belanja Online Generasi Millenial pada Masa Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR).
Jannah, F., & Fikry, Z. (2024). Hubungan Antara Pembelian Impulsif dengan Penyesalan Pasca Pembelian Pada Produk Fashion Perempuan Pengguna Tiktok yang Baru Memasuki Dunia Kerja. JournalOfSocialScienceResearch.
Kaukab, M. E., & Azka, M. G. M. (2023). Determinan Faktor Impulse Buying Pengguna Grab Food. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah.
Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING . : : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah.
Media Digital. (2022, June 17). Industri Online Food Delivery Tumbuh, Gofood Pilihan Utama Konsumen. Bisnis.Com.
Memon, M. A., Ting, H., Cheah, J.-H., Thurasamy, R., Chuah, F., & Cham, T. H. (2020). Sample Size for Survey Research: Review and Recommendations. Journal of Applied Structural Equation Modeling, 4(2), i–xx. https://doi.org/10.47263/JASEM.4(2)01
Nabilah Muhamad. (2023, November 9). Ini Proyeksi Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia. Databoks.
Ni Putu Yuliana Ria Sawitri, L. E. M. A. D. G. (2021). Pilihan Konsumen Dalam Menggunakan Fitur Go-Food: Variabel Kegunaan sebagai Moderator. Jurnal Ekonomi, 26(1), 19. https://doi.org/10.24912/je.v26i1.715
Nisaputra, R. (2023, February 20). Ekonomi Tak Pasti, 67% Masyarakat Malah Antusias Belanja Online. Infobanknews.Com.
Nyoko, A. E. L., & Semuel, A. D. D. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(1), 63–76. https://doi.org/10.35508/jom.v14i1.3857
Purwati, A. A., Siahaan, J. J., & Hamzah, Z. (2019a). Analisis Pengaruh Iklan, Harga dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Rumah Mebel Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 30(1), 20. https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(1).3870
Purwati, A. A., Siahaan, J. J., & Hamzah, Z. (2019b). Analisis Pengaruh Iklan, Harga dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Rumah Mebel Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 30(1), 20. https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(1).3870
Ramadhan, M. (2021). METODE PENELITIAN (A. A. Effendy, Ed.). CiptaMediaNusantara.
Rizaty, M. (2022, November 23). Ini Sederet Alasan Seseorang Berbelanja Impulsif di E-commerce. DataIndonesia.Id.
Rizky Bima Prasetyo. (2023). Pengaruh E-Commerce dalam Dunia Bisnis. JMEBJurnalManajemenEkonomi&Bisnis, 1–12.
Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suratno, S., Denmar, D., & Hepy, H. (2021). PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TELEVISI, LITERASI EKONOMI, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI KASUS GURU SMA NEGERI KABUPATEN MUSI BANYUASIN). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 501–515. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.454
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Zahroh, R., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH POTONGAN HARGA DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN HYPERMART ROYAL PLAZA SURABAYA. JurnalPendidikanTataNiaga.
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6746
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Elsha Christy Blesstari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index




.gif)





