ANALISIS PENGARUH ADVERTISING DAN BRAND IMAGE TERHADAP NIAT PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE FACEBOOK DI BALI
Abstract
Bali, sebagai destinasi wisata utama di Indonesia, sangat bergantung pada sektor pariwisata yang menyumbang sekitar 60% pendapatan daerah sebelum pandemi COVID-19. Di tengah pemulihan pasca-pandemi dan meningkatnya persaingan antar destinasi wisata, pemanfaatan strategi pemasaran digital menjadi semakin krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan (advertising) dan citra merek (brand image) terhadap niat pembelian online di Facebook Marketplace oleh pengguna di Bali. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang aktif menggunakan Facebook Marketplace, data dianalisis melalui regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik advertising maupun brand image berpengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap niat pembelian online. Temuan ini menunjukkan pentingnya sinergi antara strategi iklan dan pengelolaan citra merek dalam meningkatkan efektivitas pemasaran digital di sektor pariwisata. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris pada literatur pemasaran digital, khususnya dalam konteks daerah wisata dengan karakteristik audiens media sosial yang aktif seperti Bali.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini, D. R., Nursaidah, & Reskiputri, T. D. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Perceived Quality Terhadap Purchase Intention Pelanggan di Mey Cookies Jember. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 159–165.
Anwar, A. F., Darpito, S. H., & Nurrohim, H. (2022). Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, Perceived Price terhadap Niat Beli Survei Pada Generasi Muda Calon Konsumen Produk Thrift di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(2), 327–336. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i2.1422
Ardhillah, G., Yohana, C., & Pratama Sari, D. A. (2023). Pengaruh Iklan Media Sosial dan Selebriti Pendukung terhadap Niat Beli Produk Skincare Lokal di Instagram. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1), 132–145. https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.10
Eksananda, A. A., & Indarwati, T. A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Volume, 10(1), 59. https://doi.org/10.37849/mici.v3i2.276
Fernandez, E., Ali, M. M., Sofiati, N. A., & Sofiati, N. A. (2025). Pengaruh Youtube Advertising terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 930–937. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2538
Ghozali. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Badan Penerbit Diponegoro.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Septiarini, E., Muthiah, C., & Sari, C. (2024). Pengaruh Social Media Advertising Terhadap Purchase Intention Sportswear Merek Lokal Yang Dimediasi oleh Brand Trust Di Bandung Raya The Effect Of Social Media Advertising On Purchase Intention Of Local Brand Sportswear Mediated By Brand Trust In Bandung . Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 5(1), 118–126. https://doi.org/10.31289/jimbi.v5i1.4337
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6737
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Albertus Julio Budianto, Anita Heptariza, Komang Prasiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index




.gif)





