ANALISIS PENGARUH ESTEEM NEEDS DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI PRODUK SMARTPHONE PADA KONSUMEN GENERASI Z
Abstract
Generasi Z adalah kelompok yang dibesarkan dalam lingkungan digital dan sangat bergantung pada media sosial serta teknologi, terutama smartphone. Keinginan mereka untuk membeli smartphone tidak hanya didorong oleh kebutuhan praktis, tetapi juga oleh faktor psikologis seperti kebutuhan akan pengakuan diri dan pengaruh dari media sosial. Tujuan studi ini yaitu untuk mengidentifikasi bagaimana kebutuhan akan esteem needs dan media sosial mempengaruhi niat beli smartphone di kalangan konsumen Generasi Z di Kota Denpasar. Metode yang diterapkan yaitu pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana kuesioner yang disebarkan kepada 112 responden yang ditentukan secara purposive sampling untuk mengumpulkan data. Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian diuji dan dianalisis dengan regresi linier berganda melalui SPSS versi 27. Temuan analisis membuktikan bahwasanya kebutuhan akan pengakuan diri dan pengaruh media sosial mempengaruhi niat membeli smartphone secara positif dan signifikan, baik dalam konteks individu maupun kelompok. Temuan ini menyoroti pentingnya kebutuhan akan harga diri dan pengakuan sosial melalui platform digital dalam mempengaruhi keputusan pembelian Generasi Z.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hadya Jayani, D. (2021, May 24). Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial di Indonesia. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Demografi/Statistik/7ae7f59c2a738bb/Proporsi-Populasi-Generasi-z-Dan-Milenial-Terbesar-Di-Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/7ae7f59c2a738bb/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia
Khasanah, M. F. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap peningkatan Social Needs dan Esteem Needs Siswa Dengan Teman Sebaya (Vol. 4).
Lestari A, A., & Kristiyanto, D. (2018). Pengaruh Orientasi Fashion, Money Attitude dan Self-Esteem terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif pada Remaja (Studi Pada Konsumen Produk Telepon Selular di Surabaya).
Maulana, A., Ramadanty, S., Muqarrabin, A. M., Nita, W. A., & Syafganti, I. (2020). Examining the Effect of Persuasive Message of Beauty Vloggers on Information Acceptance of eWOM and Purchase Intention: The Study of Consumers of Beauty Products in Jabodetabek, Indonesia. Pertanika J. Soc. Sci. & Hum, 28(2), 763–775.
Nurfila, Rinaldi, & Firiyana, M. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dan Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian di Pamela Empat. Journal Competency of Business, 8(01), 39–52. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/JCoB/article/view/2516
Pinto, P. A., & Paramita, E. L. (2021). Social media influencer and brand loyalty on generation Z: the mediating effect of purchase intention. Diponegoro International Journal of Business, 4(2), 105–115. https://doi.org/10.14710/DIJB.4.2.2021.105-115
Santina, R. O., Hayati, F., Oktarina, D. R., Bina, U., & Getsempena, B. (2021). Anlisis Peran Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Vol. 2, Issue 1).
Syamsurya, D., Ahmad, S., & Ir Sumantri, A. (2023). Analisis Kesadaran Merek Terhadap Niat Beli Produk Sociolla Di Kota Bandar Lampung. 2(2).
Tanprajna, R. F., & Ellyawati, J. (2020). Effect of E-Referral and E-Wom on Purchase Intention: An Empirical Study in Indonesia.
Tegar Andalas, S. F. (2024, June 12). Jumlah pengguna Smartphone pada Tahun 2023. Https://Data.Goodstats.Id/Statistic/2093-Juta-Orang-Di-Indonesia-Menggunakan-Smartphone-Pada-Tahun-2023-Cbha0. https://data.goodstats.id/statistic/2093-juta-orang-di-indonesia-menggunakan-smartphone-pada-tahun-2023-cbha0
Widada, C. K. (2018). Mengambil Manfaat Media Sosial dalam Pengembangan Layanan. Journal of Documentation and Information Science, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.33505/jodis.v2i1.130
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, dan Dokumentasi: Pendidikan di Majelis Taklim Annur Sejahtera. 148–152. https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6662
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Aliyya Fitri Wibisono, Dwi Sihwinarti, Gede Yudha Anugerah Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index




.gif)





