ANALISIS STRATEGI PERKEMBANGAN UMKM KAMPUNG TEMPE TENGGILIS KAUMAN SURABAYA DI ERA MODERN MELALUI PENDEKATAN SWOT

Isma Watin Hidayah, Regita Dwi Anggraini, Luluk Siwi Rudiyanti

Abstract


Mengetahui semakin menurunnya jumlah pelaku usaha tempe di kampung tempe ini penelitian ini memanfaatkan analisis SWOT sebagai alat untuk mengidentifikasi aspek internal dan eksternal yang mempengaruhi keberlangsungan UMKM tempe ini dan juga sebagai alat bantu untuk melihat apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh pelaku UMKM tempe di era modern ini. Dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menggali apa saja strategi-strategi yang dapat diterapkan oleh pelaku UMKM tempe ini dalam upaya mempertahankan dan mengembangkan usaha tempe ini agar tetap bertahan di tengah persaingan yang semakin kompetitif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, proses analisis data dilakukan dengan pendekatan interpretatif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwasanya hasil perhitungan menunjukkan bahwa UMKM berada di kuadran I yaitu strateginya adalah aggresive strategy atau strategi SO (Strengthss – Opportunities), maka strategi yang dapat digunakan atau disarankan untuk UMKM ini adalah : 1) Buat brand camilan kekinian dari tempe dengan kemasan menarik dan rasa yang lebih variatif . 2) Buka toko online di Shopee dan Tokopedia serta begabung dengan platform GoFood dan GrabFood dengan produk value pack 3) Rekrut warga sekitar (tetangga), lalu ikutkan pelatihan online/offline dari dinas pemerintah untuk peningkatan mutu SDM dan produktivitas tenaga kerja 4) Tawarkan paket kerjasama “Langganan Tempe Harian” untuk katering atau UMKM lain, dengan pengantaran rutin dan potongan harga khusus pelanggan tetap. 5) Cari reseller diaspora lewat komunitas Indonesia di luar negeri (Facebook Group / Saluran WhatsApp), lalu kirim produk beku melalui jasa ekspedisi frozen yang sudah bekerja sama.

Keywords


UMKM, Kampung Tempe, Analisis SWOT

References


Carissa, N. A., Trias, S., & Jekti, R. (2024). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kedelai Pada Produksi Tempe Di Umkm Ali Jaya Sumber jambe Kabupaten Jember. EKTASI: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Organisasi , 241-248.

Cindy, Y. (2024). PERAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI INDONESIA. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 170-186.

Dwi, E. (2022, Maret 18). Kedelai: Sejarah, Manfaat, Produksi Dunia dan Indonesia. Retrieved from Kompas.id: https://www.kompas.id/baca/paparan-topik/2022/03/18/kedelai-sejarah-manfaat-produksi-dunia-dan-indonesia

Evelyn. (2018). ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI BERSAING DENGAN MATRIKS IE, MATRIKS SWOT DAN MATRIKS QSPM PADA PT. XYZ. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN/Volume 02/No.4, 99-105.

Fred, R. D., & Forest, R. D. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach Concepts and cases edisi 16. england: Pearson Education.

Hendri, S., & Krido, E. C. (2020). PEMANFAATAN E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GO-FOOD DAN INVENTORY ANDROID UNTUK UMKM KAMPUNG TEMPE SURABAYA . SEMINAR NASIONAL KONSORSIUM UNTAG Indonesia ke-2 , 7-12.

Jullyan, R. (2018). ANALISIS PERKEMBANGAN INDUSTRI TEMPE DI SENTRA TENGGILIS SURABAYA MELALUI ANALISA SWOT. urnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2691-2709.

Meilan, S. D., Zahwa, A., Rezeki, P. U., & N. F. (2024). Analisis dan Interpretasi Data Bagi Suatu Perusahaan. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS DIGITAL, 432-437.

Miftakhul, J., Anisa, N. F., Aimee, J. I., Vania, E. P., Rusdi, H., & Maharani, I. (2024). Pentingnya Analisis Swot dalam Suatu Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. International Journal of Engineering, Economic, Social Politic and Government (IJESPG), 9-17.

Putri, M. H., Arif, T. H., Asep, A., & Ida, F. (2024). ANALISIS PENERAPAN TARGET COSTING DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UMKM PRODUKSI TEMPE. JATAMA: Jurnal Akuntansi Pratama.

Rizal, S., Zulfamanna, Martin, K., & Nana, S. (2023). Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 9680-9694.

Septi, L. S., & Tara, P. D. (2020). PROSES PEMBUATAN TEMPE HOME INDUSTRY BERBAHAN DASAR KEDELAI (Glycine max (L.) Merr) DAN KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L.) DI CANDIWESI, SALATIGA . Southeast Asian Journal of Islamic Education, 59-76.

Stevani, N. (2023). ANALISIS SWOT, IFE, EFE DAN MATRIKS QSPM DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS RS XYZ. Jurnal EK&BI, Volume 6, Nomor 2, 62-73.

Sulasih. (2019). IMPLEMENTASI MATRIK EFE, MATRIK IFE, MATRIK SWOT DAN QSPM UNTUK MENENTUKAN ALTERNATIF STRATEGI GUNA MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF BAGI USAHA PRODUKSI KELOMPOK BURUH PEMBATIK DI KESER NOTOG PATIKRAJA BANYUMAS. JURNAL E-BIS VOL.3 NO.1, 27-40.

Uswatun, K., & Ries, D. F. (2025). PERKEMBANGAN UMKM SANDAL DI DESA WEDORO : STUDI KASUS PENGGUNAAN ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DI ERA MODERN. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat , 186-195.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6651

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Isma Watin Hidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index