PROSEDUR KLAIM ASURANSI KECELAKAAN DIRI (PERSONAL ACCIDENT) PADA PT. ASURANSI MEGA PRATAMA INDONESIA CABANG. JAMBI
Abstract
Asuransi sendiri berasal dari istilah bahasa Inggris, yaitu insurance yang memiliki arti jaminan. Lebih dalam lagi asuransi merupakan suatu mekanisme pengalihan risiko yang mungkin dapat menimpa tertanggung. Pada tahun 2023 klaim asuransi yang diajukan sebanyak 3.502,70 jiwa, sedangkan pada tahun 2024 klaim yang diajukan sebanyak 2.283,60 jiwa. Berdasarkan banyaknya klaim yang sudah diajukan oleh masyarakat, maka prosedur pengajuan klaim menjadi penting dan layak untuk dikaji. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin melihat bagaimana prosedur klaim asuransi pada PT. Asuransi Mega Pratama Indonesia Cabang. Jambi. Hasil penelitian menujukkan bahwa di PT. Asuransi Mega Pratama Indonesia Cab. Jambi memiliki tiga jenis prosedur klaim sebagai berikut: 1. Tahap pelaporan, Dalam prosedur klaim asuransi, tahap pelaporan adalah saat nasabah atau pihak terkait melaporkan peristiwa yang menyebabkan kerugian kepada perusahaan asuransi untuk meminta kompensasi sesuai dengan polis asuransi. Untuk memastikan klaim dapat diproses dengan cepat dan sesuai prosedur, tahap pelaporan adalah langkah awal dalam proses klaim, yang mencakup pemberitahuan resmi ke perusahaan asuransi, formulir pengisian , dan penyertaan dokumen pendukung.2. Tahap Penelitian Klaim. Dalam prosedur asuransi, prosedur penelitian klaim biasanya terdiri dari beberapa langkah penting.3. Keputusan Klaim. Keputusan klaim adalah hasil dari proses evaluasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi setelah melakukan penelitian dan penilaian atas klaim yang dikeluarkan oleh pemegang polis
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aldira, E. (2020). Hukum Ansuransi. 1–207.
Andini, A. P., Maghfiroh, S., & Yazid, M. (2022). Perkembangan Dan Potensi Asuransi Syariah Di Indonesia. Jurnal Studi Islam, 17(2), 164–177. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/4755/3320
Asiva Noor Rachmayani. (2024). Pengembangan Asuransi. 6.
Deddy, R. M., Sardjito, H., Suganda, B., Suhendar, B., Sinaga, R. N., Hasangapan, R., & Napitupulu, M. (2024). PELAKSANAAN PRINSIP UTMOST GOOD FAITH. 13(September), 1562–1577. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i3.1204
Fitrianty, D. A., Hadiani, F., Setiawan, S., & Kusno, H. S. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laba Perusahaan Asuransi Umum Unit Usaha Syariah di Indonesia. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 3(1), 203–215. https://doi.org/10.35313/jaief.v3i1.3867
Flawerilla, A. (2021). Prosedur Pelayanan Permohonan Paspor Secara Online Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tpi (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Pekanbaru. 17(1). http://repository.uin-suska.ac.id/51227/
Guntara, D. (2020). Asuransi Dan Ketentuan-Ketentuan Hukum Yang Mengaturnya. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 29–46. https://doi.org/10.36805/jjih.v1i1.79
Iriana, N., & Nasution, Y. N. (2020). Penentuan Cadangan Premi Asuransi Jiwa Seumur Hidup Menggunakan Metode Zillmer. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 219. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.8312
Jasmine, K. (2024). asuransi kovensional. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 5, 605–616.
KBBI. (2025). klaim asuransi. KBBI. https://artikbbi.com/klaim/
Kurniasih, I., & Juardi, J. (2022). Prngaruh Inovasi Produk dan Penetapan Tarif Premi Terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi Kecelakaan PT BNI Life Insurance di Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(3), 341–355.
Maya Sari. (2021). Peran Komunikasi Dalam Budaya Organisasi. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.55606/juitik.v1i2.156
Nasution, Y. A. P. (2022). 1* , 2 1,2. 20(1), 105–123.
Ningsih, N. Y., Menhard, M., & Sari, M. R. (2023). Analisa Laporan Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (Kspps) Bmt Al-Ittihad Rumbai Tahun 2019-2021. Jurnal Maneksi, 12(3), 479–484. https://doi.org/10.31959/jm.v12i3.1725
Nirwansyah, H., Onoyi, N. J., Satriawan, B., & Numbers, T. I. (2024). SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. 14(1), 1–23.
Reni, N. (2023). KLAIM ASURANSI KESEHATAN. In LPPM UMN AW.
Riftiasari1, D., & Sugiarti2. (2020). Bersih Perusahaan Asuransi Pt Jasa Raharja ( Persero ). 9(1), 37–46.
Rostiyanti, S. F., & Hansen, S. (2017). Perspektif Pemilik Proyek Terhadap Permasalahan Dalam Manajemen Klaim Konstruksi. Jurnal Spektran, 5(2), 122–129.
Siti, M. (2023). Pengantar Hukum Asuransi (Pertama). CV. Adanu Adimata.
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6614
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Winda winda, Menhard Menhard, Maya Rizki Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index




.gif)





