PENGARUH MEDIA SOSIAL, BRAND IMAGE, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI FASHION MUSLIMAH PADA PRODUK AR-RAFI

Fanisa Rizkina, Eki Candra, Riyan Andni

Abstract


Studi kasus ini dilakukan di Kabupaten Kudus untuk menentukan pengaruh Media Sosial, Brand Image, dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Fashion Muslimah pada Produk Ar-Rafi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan pengumpulan data melalui kuesioner. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 168 responden. Untuk menguji hipotesis, digunakan analisis regresi linear berganda dengan melakukan uji T dan uji F. Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan program SPSS versi 26 menunjukkan bahwa 1) Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli, 2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli, dan 3) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli. 4.) Media Sosial, Brand Image, dan Celebrity Endorser berpengaruh secara bersamaan pada Minat Beli.  Koefisien determinasi (Adjusted R-Squared) sebesar 63% menunjukkan presentase pengaruh variabel independen (media sosial, citra merek, dan celebrity endorser) terhadap variabel dependen (minat beli) sebesar 63%. Variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini, yaitu 37% memengaruhi bagian yang tersisa.


Keywords


Social Media, Brand Image, Celebrity Endorser, Purchase Interest.

References


Adji Setya Wardana, Hery Pudjoprastyono, D. V. M. (2024). THE INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSERS AND BRAND IMAGE ONSHOE PURCHASE DECISIONS NIKE FOR GEN Z IN SURABAYA. Journal of Economic , Business and Accounting, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12347

Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2020). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215–222. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195

Agus, S., Indra, N., & Farah, T. (2022). EduInovasi : Journal of Basic Educational Studies EduInovasi : Journal of Basic Educational Studies. Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 85–97. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/edu.v4i3.4673

Alfara Natasya, C., Savitri, C., Pramudita Faddila, S., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Buana Perjuangan Karawang, U. (2024). The Influence Of Brand Ambassadors And Brand Image On Buying Interest In Ethica Muslim Fashion Products On Shopee Pengaruh Brand Ambasador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Busana Muslim Ethica Pada Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 6349–6359. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Alfi Kholisdinuka. (2021). Ketua MPR Sebut 2050 Islam Jadi Agama Terbesar, Indonesia Punya Pengaruh. https://news.detik.com/berita/d-5368116/ketua-mpr-sebut-2050-islam-jadi-agamaterbesar-indonesia-punya-pengaruh.

Alfiah Nofiana, Aridha Prassetya, Achmad Daengs GS, Mahjudin Mahjudin, & Diana Zuhroh. (2023). Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kopi Kapal Api Di Surabaya. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 187–212. https://doi.org/10.30640/jumma45.v2i1.1614

Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia. AMAR (Andalas Management Review), 4(2), 16–31. https://doi.org/10.25077/amar.4.2.16-31.2020

Alvina, C., Afni, N., Roro, R., & Roostika, R. (2024). PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL , KEPERCAYAAN MEREK DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP NIAT PEMBELIAN JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(2), 710–725. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4065

Amelia, S. R., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Nahdlatul, U., Sidoarjo, U., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Nahdlatul, U., Sidoarjo, U., Muzdalifah, L., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Nahdlatul, U., & Sidoarjo, U. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR , BRAND IMAGE , DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1046

Andi, Suyono, Al Hafis, P., & Hendri. (2020). The Effect of Celebrity Endorser, Product Quality and Product Design on Pelita Indonesia Student’s Buying Interest of Asus Smartphone. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen , 8(1), 23–36. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index

Apriliani, R., Ardiyanti, Y., Efendi, B., & Nurhayati, E. C. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust DanProduct Quality Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada pembeli Kopi Bowongso di Kabupaten Wonosobo). Jamasy : Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2, 100–108.

Asi, K. J. M., & Hasbi, I. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Bukalapak. EProceedings of Management, 8(1), 437–447.

Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.73923

Budianto, A., Lestari, M. N., Ekonomi, F., Galuh, U., Regresi, A., Berganda, L., & Determinitasi, U. K. (2022). PENGARUH FASHION INVOLVEMENT DAN PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING (Suatu Studi Pada Toserba Laksana Baru Majenang). 4, 141–151.

Cahyono, A. S. (2018). Dampak Media Sosial Terhadap Permasalahan Sosial Anak. Publiciana, 89–99.

Disa Candraningtyas, A. R. (2024). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN THE ORIGINOTE (STUDI KASUS PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK). Jurnal Nusa Manajemen, 1(2), 338–359.

Erick Wynalda Yehezkiel, Lena Ellitan, M. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Surabaya Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 12(2), 98–108. https://doi.org/10.33508/jumma.v12i2.5225

Estiana, R., Karomah, N. G., & Setiady, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Pada Umkm Daerah Aliran Sungai (Das) Citarum, Karawang. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 67. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.395

Fadilla, P., Isnaini, M. F., Mahmut, C., Supri, B., Djemma, U. A., Pembangunan, E., & Djemma, U. A. (2024). Economics and Digital Business Review Pengaruh Iklan , Word Of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Alfamidi Super Palopo. 5(2), 880–884. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1600

Fatmawati, D. A., Prabowo, B., Endorser, C., Pembelian, K., & Beli, M. (2024). Impak Brand Image , Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen Kopi GoodDay. 7(2), 277–288. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i2.5982

Fitri, S., & Erdiansyah, R. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, dan Selebriti Endorser terhadap Keputusan Pembelian Uniqlo. Prologia, 6(1), 154. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10373

Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118. https://doi.org/10.47065/imj.v2i3.200

Hillary, A. W. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Media Sosial Instagram. Ilmiah Multidisiplin, Volume 1(5), 283–290. file:///C:/Users/acer/Downloads/allicya.pdf

Huda M, P. A. (2020). Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Pada UMKM Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 8(2), 2020. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37601/jneti.v8i1.126

Jovanka, A., Sihabudin, & Fauji, R. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Jovanbeauty Karawang. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(4), 8901–8915. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING/article/view/10754

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861

Lestari, N. I., & Iswati, H. (2021). The Effect Of SMEs Product Quality And Social Media On Repurchase Interest With Customer Satisfaction As An Intervening Variable. Kurs :Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 6(1), 24–40. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index

Liya, I., Karmila, K., Budiono, H., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh hallyu wave, brand ambassador, brand image dan wom terhadap keputusan pembelian pada mie sedap selection korean spicy chicken. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 11–26. https://doi.org/10.24042/revenue.v2i1.7700

Lutfiani, S., Astuti, R., & Fadhil M Basysyar,M,Kom. (2024). Analisis Sentimen Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Skincare Pada Remaja Di Indonesia Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 2957–2961. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9614

Maharani, I., Hilda, H., Sahroni, A., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat pada Produk Simpanan Idul Fitri di BMT Mitra Khazanah Palembang. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i3.4282

Malikhah Rofi, N., Muna, ul, Johan Suzana, A., Ria Uripi, C., & Pahlevi, A. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Persepsi Harga Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett Whitening Di Kota Banjarnegara. Jurnal Ilmiah Manajemen &Bisnis, 21, 214–224. http://mimb-unwiku.com/index.php/mimb

Mardalena, N. T., Lubis, A. R., & Utami, S. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek Dan Keunggulan Produk Terhadap Minat Beli Produk Luxuri Fashion Brand Dengan Gender Sebagai Moderating Pada Pemasaran Media Sosial Di Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsyiah, 2(1), 1–99.

Marwani, Maulana, A., & Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang, P. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Sepatu Vans (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(3), 605–619. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm

Meida Ramita, S., & Lestari, R. (2019). Dilakukan Dengan Mengunakan Teknik. Jurnal Ilmu Manajemen, 15(1), 30–44.

Muhammad, R. W., Rochaeti, E., & Setiawan, E. (2021). Pengaruh Media Social Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Sepatu Converse Pada Mahasiswa FEB Universitas Prof Dr Hamka. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 31–40. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.451

Nanda Bella Fidanty Shahnaz, W. (2016). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO ONLINE. Management Analysis Journal, 22(1), 37–60. https://doi.org/10.1080/00107518108231514

Nurhayati, S., & Ardianingsih, A. (2021). ANALISIS DIGITALISASI PEMASARAN BERBASIS SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI PEKALONGAN. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(2016), 66–74.

Okiama, F. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. 4(4), 1–108. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i4.1226

Osin Jentia Rosni Manullang, & Mariana Simanjuntak. (2024). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Dan Persepsi Calon Mahasiswa Terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 2(3), 168–179. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v2i3.3820

Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459

Pitaloka, S., & Lukitasari, L. (2024). Pengaruh Penggunaan Strategi Pemasaran Gerilya Dan Online Customer Review Terhadap Peningkatan Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus UMKM Fashion Muslim Wnj.Id). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 4(4), 505–514. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jebs.v4i4.1878

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647

Purba, P., & Tafonao, H. (2023). Pengaruh Harga dan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Handphone Oppo pada Toko Oppo di Plaza Millenium. Jurnal EMT KITA, 7(3), 637–646. https://doi.org/10.35870/emt.v7i3.1135

Purbohastuti, A. W. (2017). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI Arum. Ekonomika, 12(2), 212–231.

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE. 11(1), 32–46. https://doi.org/https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Rahman, W., Azizah, J., Asir, M., & Wijayanto, G. (2024). Exploring Successful Social Media Marketing Strategies In Enhancing Brand Engagement With Consumers In The Digital Era Eksplorasi Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Sukses Dalam Meningkatkan Interaksi Merek Dengan Konsumen Di Era Digital. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 355–363. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.3925

Raja, H., Batu, L., & Produk, K. (2024). Analisis Minat Beli Penikmat Kopi di Tinjau Dari Harga , Kulitas Produk dan Layanan Analysis of Interest Buyer Coffee Makers in Review of Price , Products , and Services. 11(2013), 12–22. https://doi.org/10.55963/jumpa.v11i2.645

Ramadan, A., Departemen, A. F., Komunikasi, S., Masyarakat, P., & Manusia, E. (2021). EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK “RENDANG UNINAM” The Effectiveness of Instagram as a Promotional Media of Products “Rendang Uninam.” Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat |, 05(01), 64–84. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.75764-84

Ranti Eka Putri, M. Wasito, & Ayu Nadia Lestari. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 667–675. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1550

Reza Agung Syahputra, A. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEMASAN DAN CITA RASA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK STIK UBI DI KELURAHAN TANGSI BARU KABAWETAN KABUPATEN KEPAHYANG. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 55(4), 524–530. https://doi.org/10.1134/s0514749219040037

Romadhon, F. A., & Nawawi, Z. M. (2024). Economic Reviews Journal. Economic Reviews Journal, 3(1), 96–108. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.281

Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5164. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p17

Rudyanto, R. (2018). Pengaruh Pemasaran Jejaring Media Sosial Dan Keterkaitan Konsumen Terhadap Niat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 177–200. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i2.3126

Sari, R. I. (2024). PENGARUH SIKAP TERHADAP CELEBRITY ENDORSER DAN DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI HAND AND BODY LOTION NIVEA DI KOTA SEMARANG. 21(1), 31–42. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jsmo.v21i1.66738

Sari, Y. R., Harliyani, S., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Celebrity Endorser Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.57084/bej.v3i1.782

Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen &Akuntansi Riviu, 1(3), 42–51.

Setianingsih. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(September), 25–34.

Setiawan, T., Hadita, & Komariah, N. S. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Harga Melalui Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Di Rawa Lumbu (Studi Pada E-Commerce Zalora). JRIME : Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 242–261. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i2.

Setiawati, M. (2014). Pengaruh_Media_Sosial_Terhadap_Perkemban. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja, 13.

Sihombing, N. E. ., & Banua, J. S. T. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser dan Harga terhadap Minat Beli Produk Skincare MS Glow melalui Brand Image di Universitas HKBP Nommensen Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 935–942. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3808

Simamora, V., & Kusmiyati, E. (2017). Pengaruh Desain Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Teh Botol Sosro Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Online Internasional & Nasional Unversitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 20(1), 43–54.

Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79–94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329

Sisnuhadi, S., & Sirait, S. K. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 45. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.161.371

Sondakh, N. D., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). PENGARUH VIRAL MARKETING, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOKUMI MANADO. 10(4), 479–489.

Sorayaei, A., & Hasanzadeh, M. (2013). Impact of brand personality on three major relational consequences (trust, attachment and commitment to the brand): Case study of Nestle Nutrilion company in Tehran, Iran. Word Applied Sciences Journal, 28(11), 79–87.

Stephanie, E., Rumambi, L. J., & Kunto, Y. S. (2014). Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan Dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.

Sugianto Putri, C. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 595–603.

Trisa, A., & Roosdhani, M. R. (2024). Analisis Hubungan Antara Strategi Pemasaran Media Sosial, Citra Merek, dan Minat Pembelian di Industri Fashion Sweet Mango Jepara. YUME : Journal of Management, 7(2), 20–33. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6559

Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 4(2), 83–98.

Wiwoho, G., & Bangsa, U. P. (2023). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN WORD OF. 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32639/jdbm.v2i1.269

Zararosa, G. A., & Khasanah, I. (2023). Peran Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Persepsi. 20(2), 59–72. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jsmo.v20i2.57997




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6527

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fanisa Rizkina, Riyan Andni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index