PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK YANG BERLABEL HALAL DI KALANGAN GENERASI ZILENIAL (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone Angkatan 2021)

Riska Sari, Abdul Hafid, Fitriani Arief

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian produk kosmetik yang berlabel halal di kalangan generasi zilenial, khususnya pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN BONE Angkatan 2021. Perkembangan teknologi digital yang pesat telah menjadikan media sosial sebagai salah satu saluran pemasaran yang dominan, terutama dalam menjangkau generasi muda yang aktif di platform seperti Instagram, Tiktok, dan Fecebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang dipilih secara purposive. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal.Faktor- faktor seperti promosi, ulasan konsumen, dan influencer memiliki peranan penting dalam membentuk persepsi dan minat beli responden. Temuan ini menunjukkan bahwa pelaku industry kosmetik halal perlu memaksimalkan strategi pemasaran digital untuk menjangkau pasar generasi zilenial secara lebih efektif


Keywords


Media Sosial; Pembelian; Produk Kosmetik Halal; Generasi Zilenial; Mahasiswa IAIN Bone

References


Abdul Sakti. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Afifa, F. Z., & Ambarwati S, R. (2024). Analisis Beauty Vlogger, Produk Halal Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Kosmetik Muslimah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2077–2094. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3924

Amalia, R., & Rozza, S.E., M.M., D. S. (2022). Analisis Pengaruh Halal Awareness, Religiusitas, Gaya Hidup, dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare dan Kosmetik Halal (Studi pada Generasi Z di DKI Jakarta). Account, 9(2), 1680–1690. https://doi.org/10.32722/account.v9i2.4688

Endah, N. H. (2014). Consumers’s Purchasing Behavior Toward Halal Labeled Cosmetics In Indonesia Nur. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 22(1), 11–25.

Fitriani, R., Ikah, I., & Amin, M. R. F. (2023). Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Era Digital. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), 240. https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.22429

Mahfuz, M. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kopi Di Kabupaten Lombok Utara. 7(12), 125. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2926

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326

Pokhrel, S. (2024). Pengaruh Literasi Halal dan Religiusutas terhadap Keputusan Mengkomsumsi Makanan Halal pada Mahasiswa Febi IAIN Bone. Αγαη, 15(1), 37–48.

Putri, H. Y., Pradhanawati, A., & Daryanto Seno, A. H. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Pond’s (Studi Kasus pada Toko Jun Kosmetik di Kota Solok). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 359–369. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34753

Rafifasha, T. N., & Nurfahmiyati. (2022). Persepsi dan Preferensi Konsumen Kosmetik Halal. Bandung Conference Series: Economics Studies, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcses.v2i2.4643

Wulan Nur Khamidah, A., Ameylia Putri, S., Marifatul Jannah, S., Kudus, I., & Kunci, K. (2024). Kesadaran Hukum Gen Z Tentang Kosmetik Halal (Studi Kasus di Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah). c, 151–158.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i1.6414

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Riska Sari, Abdul Hafid, Fitriani Arief

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index