ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS DIGITAL PADA BISNIS KULINER BASO ACI ENENG BONE
Abstract
Penyusun membahas masalah analisis strategi pengembangan usaha berbasis digital pada bisnis kuliner Baso Aci Eneng Bone. Penulis mengumpulkan data menggunakan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis berkesimpulan bahwa 1) Baso Aci Eneng Bone menerapkan strategi pengembangan usaha berbasis digital diantaranya: a) melalui platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook untuk mempromosikan produk secara visual, berinteraksi dengan pelanggan, dan meningkatkan keterlibatan pengikut, b) menggunakan aplikasi layanan antar makanan seperti GrabFood dan GoFood untuk mempermudah pemesanan bagi pelanggan yang tidak dapat datang langsung, c) menerapkan sistem pembayaran digital dengan QRIS untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam transaksi non-tunai. Strategi ini memungkinkan mereka untuk memperluas jangkauan pasar, membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan, serta meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk di pasar kuliner yang sangat kompetitif dan 2) Strategi pengembangan usaha berbasis digital yang diterapkan oleh Baso Aci Eneng Bone telah memberikan dampak positif dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi operasional bisnis kuliner mereka. Pemanfaatan platform digital seperti Instagram, TikTok, Facebook, GrabFood, GoFood, dan sistem pembayaran digital QRIS telah membantu meningkatkan visibilitas produk, memperluas pelanggan, serta mempermudah transaksi. Platform media sosial memungkinkan Baso Aci Eneng Bone menjangkau berbagai kalangan, termasuk audiens muda di TikTok dan pelanggan yang lebih tua melalui Facebook.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aliami, S., Hakimah, E., & Fauji, D. (2020). Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada. Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada Startup’S, 3(1), 73–87.
Amilia, S. N., Zahro, A. H., Sari, F. S. B., Maharanie, P., & Ikaningtyas, M. (2024). Pengembangan Umkm Dalam Strategi Digitalisasi Dan Adaptasi Terhadap Perubahan Era Digital. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(4), 2–9.
Andini, G. (2023). Implementasi Strategi Digital Marketing Dan Knowledge Management Dalam Business Sustainability Umkm Di Masa Pandemi Dan Recovery Covid-19 Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UMKM Kuliner di Kota Metro) TESIS. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Armiani, A., Basuki, B., & Suwarno, N. (2021). Teknologi Digital Memediasi Dampak Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Umkm Di Nusa Tenggara Barat. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3), 300–320. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4892
Ayem, S., Wahidah, U., Lada, S., Cahyaning, E. K., Supatman, S., Indraswari, N. M., & Abinowo, A. C. (2024). Digitalisasi Bisnis Sebagai Strategi Pengembangan Usaha pada Pengrajin Kain Tenun Melalui Implementasi Konsep Tri-N di Desa Karangasem, Klaten, Jawa Tengah. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 188. https://doi.org/10.35914/tomaega.v7i1.2439
Nurmadiansyah, muhammad toriq. (2021). etika Bisnis Islam: konsep dan praktek. Cakrawala Pustaka, hlm. 1-97.
Prapti NSS, R. L., & Rahoyo, R. (2019). Dampak Bisnis Kuliner Melalui Go Food Bagi Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 20(2), 120. https://doi.org/10.26623/jdsb.v20i2.1243
Wahyudi, R., Mentari, G., & Kustiningsih, N. (2022). Journal of Law, Administration, and Social Science Volume 2 No. 1, 2022 Strategi Inovasi Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Frozen Food Di Masa Pandemi. Journal of Law, Administration, and Social Science, 2(1), 22–32.
Wairisal, P. L., Rehata, G., & Risambessy, A. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Di Era Digitalorientasi Pada Pelaku Usaha Mikro Desa Waai Kec. Salahutu Kab. Maluku Tengah. Community Development Journal, 4(2), 4037–4042.
Wirasasmita, Y. (n.d.). Kewirausahaan: Buku Peganga. (Jatinangor: UPT Pnerbitan IKOPIN, 2004), h. 11.). http://senada.idbbali.ac.id
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i1.6394
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Zalsabila Putri, Abd Hafid, Muhammad Ardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index