Pengaruh Financial Literacy dan Financial Self-Efficacy Terhadap Risky Credit Behavior Gen-Z: Studi pada Pengguna PayLater
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Financial Literacy dan Financial Self-Efficacy terhadap Risky Credit Behavior dalam penggunaan layanan PayLater pada Generasi Z di Kabupaten Minahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan Gen Z pengguna aktif layanan PayLater di Kabupaten Minahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Financial Literacy tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Risky Credit Behavior, sedangkan Financial Self-Efficacy memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Risky Credit Behavior. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Financial Literacy dan Financial Self-Efficacy secara simultan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Risky Credit Behaviori. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi individu dalam meningkatkan literasi keuangan serta memperkuat keyakinan diri dalam pengelolaan keuangan pribadi, agar semakin bijaksana dalam mengambil keputusan finansial dan terhindar dari risiko kegagalan pembayaran kredit.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amatucci, F. M., & Crawley, D. C. (2011). Financial self‐efficacy among women entrepreneurs. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 3(1), 23–37. https://doi.org/10.1108/17566261111114962
Constansje, B., Kurniasari, F., & Abubakar, A. (2023). The effects of financial literacy, Self-Efficacy, and Financial Stress on Risky Credit Behavior of Generation Z: Evidence from Pay Later Users. Journal of Entrepreneurship, Business and Econom-Ics, 11(1), 180–210. www.scientificia.com
Ernawati, E., Yusnita, R. T., & Wibawa, G. R. (2024). Pengaruh Financial Literacy dan Financial Self-Efficacy terhadap Risky Credit Behavior dalam Penggunaan Paylater (Survei pada Mahasiswa di Kota Tasikmalaya). Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(6), 26–40. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i6.1264
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Heriyantho, D. V., & Leon, F. M. (2022). Analisis Literasi Keuangan , Efikasi Diri , dan Perilaku Kredit Berisiko pada Mahasiswa di DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 13202–13216.
Indrawan, D. R., & Veronica, M. S. (2024). Studi Faktor Penentu Risky Credit Behavior Dalam Penggunaan Pay Later Generasi Z. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 97–113. https://doi.org/10.24912/jmieb.v8i1.29012
Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.
Kuhnen, C. M., & Melzer, B. T. (2018). Noncognitive Abilities and Financial Delinquency: The Role of Self‐Efficacy in Avoiding Financial Distress. The Journal of Finance, 73(6), 2837–2869. https://doi.org/10.1111/jofi.12724
Limbu, Y. B. (2017). Credit card knowledge, social motivation, and credit card misuse among college students. International Journal of Bank Marketing, 35(5), 842–856. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2016-0045
Liu, L., & Zhang, H. (2021). Financial literacy, self-efficacy and risky credit behavior among college students: Evidence from online consumer credit. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 32, 100569. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2021.100569
Lyons, A. C. (2008). Risky Credit Card Behavior of College Students. In Handbook of Consumer Finance Research (pp. 185–207). New York: Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-75734-6_11
Mahanani, A. D., Nauli, D. A., & Sihombing, J. A. (2024). Dampak Literasi Keuangan dan Financial Experience Generasi Z terhadap Penggunaan PayLater di E-Commerce. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1b), 1955–1963. https://doi.org/10.62710/ttp4h731
Mawitjere, P. S., Adhim, C., Roring, G. D. J., & Kolinug, F. C. (2025). Anteseden Struktur Modal: Studi Kasus Perusahaan Sektor Kesehatan Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(2), 3684–3697. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i2.6727
Mawitjere, P. S., Lembong, H. S., Topah, I. M. G. F., Rindengan, H. Y., Wuisang, A. G., & Polii, N. F. (2025). Sosialisasi Manajemen Keuangan dan Pelatihan Aplikasi Budgetin pada Siswa Siswi di SMA Negeri 3 Tondano. DEDIKASI PKM, 6(1). https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.45600
Muhamad, N. (2023). E-Wallet, Metode Pembayaran Digital yang Paling Banyak Digunakan Warga RI saat Belanja Online. databoks.katadata.co.id
https://databoks.katadata.co.id/index.php/teknologi-telekomunikasi/statistik/5ec97fa4c38fa8b/e-wallet-metode-pembayaran-digital-yang-paling-banyak-digunakan-warga-ri-saat-belanja-online diakses pada tanggal 02 Februari 2025.
Priyatno, D. (2014). SPSS Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset.
Putri, N. R., & Ingriyani, D. L. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, dan Pembelian Kompulsif terhadap Perilaku Kredit Berisiko pada Pengguna Paylater. Prosiding Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen, 5(1).
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Safira, Y. A., Efni, Y., & Fitri, F. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Financial Technology Terhadap Inklusi Keuangan Pada Masyarakat Pekanbaru (Studi Pada Investor Saham Syariah Di Pekanbaru). Bahtera Inovasi, 3(2), 194–206. https://doi.org/10.31629/bi.v3i2.3335
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, N., & Evelyn, E. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Self-Efficacy terhadap Risky Credit Behaviour dalam Penggunaan PayLater. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 12(1), 37–60. https://doi.org/10.33059/jmk.v12i1.5825
Syakila, Marya. (2024). Pengaruh Financial Literacy dan Financial Self-Efficacy Terhadap Risk Credit Behavior Pengguna Shopee PayLater (SPayLater) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru
Ulumudiniati, M., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Financial Self-Efficacy, Locus of Control, Parental Income, Love of Money terhadap Financial Management Behavior: Lifestyle sebagai Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 51–67. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p51-67
Xiao, J. J., Tang, C., Serido, J., & Shim, S. (2011). Antecedents and Consequences of Risky Credit Behavior among College Students: Application and Extension of the Theory of Planned Behavior. Journal of Public Policy & Marketing, 30(2), 239–245. https://doi.org/10.1509/jppm.30.2.239
Yahya, M. R., Liestyowati, L., Majid, J., Nurchayati, N., & Mulastih, L. S. (2023). The Influence of Digital Literacy and Financial Self Efficacy on Risky Credit Behavior in Using Shopee Pay Later. Jurnal Edunomika, 08(01), 1–7. http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11125
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i1.6276
Article Metrics
Abstract view : 25 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 21 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Patricia Steffina Mawitjere

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index