Strategi Ekonomi Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnis Pada Negara Berkembang

Siti Andriani

Abstract


Jurnal ini membahas materi tantang strategi ekonomi digital untuk mengembangkan daya saing bisnis pada negara berkembang. Permasalahan utama dalam jurnal ini adalah, pertama, bagaimana mengembangkan infrastruktur digital untuk mengembangkan daya saing bisnis pada negara berkembang, kedua, bagaimana memanfaatkan teknologi digital untuk menghasilkan peningkatan efisiensi dan daya saing perusahaan (bisnis). metode yang diterapkan pada jurnal ini adalah dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada pengumpulan data. Jurnal ini secara eksplisit membahas tentang strategi ekonomi digital, dimana pemanfaatan teknologi digital menawarkan banyak peluang bagi perusahaan. di negara berkembang untuk memperluas pasar dan meningkatkan efisiensi operasional, serta melakukan inovasi produk dan layanan mereka di dunia yang semakin terhubung. Ekonomi digital dapat membantu negara-negara berkembang untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, mengatasi kendala infrastruktur dan sumber daya, serta meningkatkan produktivitas. Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, diperlukan adopsi teknologi yang relevan, menciptakan kebijakan yang mendukung transformasi digital, dan meningkatkan pelatihan dan keterampilan sumber daya manusia. Negara-negara berkembang dapat mempercepat peningkatan ekonomi mereka, menarik investasi internasional dan menciptakan pekerjaan baru dengan memasukkan teknologi digital ke dalam sektor bisnis mereka. Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing bisnis dan mempercepat kemajuan ekonomi negara berkembang dalam menghadapi transformasi digital.

ABSTRAK
This journal discusses the digital economy strategy to improve business competitiveness in developing countries. The main problems in this journal are, first, how to develop digital infrastructure to improve business competitiveness in developing countries, second, how to utilize digital technology to improve business efficiency and competitiveness. The method used in this journal is to employ a kind of qualitative study. that focuses on gathering of data. This journal explicitly discusses the digital economy strategy, where the utilization of digital technology offers great opportunities for companies in developing countries to improve operational efficiency, expand markets, and innovate their products and services in an increasingly connected world. The digital economy can help developing countries gain a competitive advantage, overcome infrastructure and resource constraints, and increase productivity. Achieving these goals requires adopting relevant technologies, creating policies that support digital transformation, and improving human resource training and skills. Developing countries can accelerate their economic growth, attract foreign investment and create new jobs by incorporating digital technologies into their business sectors. This journal aims to improve business competitiveness and accelerate the economic progress of developing countries in the face of digital transformation.


Keywords


Strategi, Ekonomi, Digital, Bisnis Keywords: Strategy, Economy, Digital, Business

References


May, Alinni, Indry Saputri, and Muhammad Iqbal Fasa. “STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DIGITAL MARKETING STRATEGY TO IMPROVE UMKM COMPETITIVENESS,” no. November (2024): 7388–98.

Moleong Lexy J, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Bandung: Remaja Rosdakarya, (2008).

Prastowo Andi, “ Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Tepritis Dan Praktis”, Yokyakarta: Ar-Ruzz Media, (2016).

Putri, Danisa, Riya Datuljannah Dita, Cahyaning Sasi Rizkia, Rusdi Hidayat, Maharani Ikaningtiyas, Program Administrasi Bisnis, and Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pengembangan Bisnis: Tantangan Dan Peluang.” Jurnal Manajemen Dan Akuntansi 1, no. 3 (2024): 42–50. https://doi.org/10.62017/wanargi.

Sudarwan Danim, “Menjadi Peneliti Kualitatif”, Bandung: Pustaka Setia, (2002), 51.

Supa, Febriani Buana. “Infrastruktur Digital Indonesia: Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Dan Kesejahteraan Masyarakat.” Research Gate, no. June (2023): 1–6.

Vera Diyah Anggriani, and Rayyan Firdaus. “Penerapan Strategi Transformasi Digital Di Lingkungan Manufaktur Pada Sistem Informasi Manajemen.” Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset 2, no. 4 (2024): 140–50. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i4.1007.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i1.6226

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 siti andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index