PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, GAYA HIDUP, MOTIVASI BELANJA HEDONIS, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI PADA KONSUMEN SEMUA PLATFORM MARKETPLACE)

Nurul Rizka Arumsari, Ira Astiyanti Septiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan, gaya hidup, motivasi belanja hedonis, dan digital marketing terhadap pembelian impulsif pada konsumen semua platform marketplace. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli produk melalui e-commerce yang tidak diketahui secara pasti. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 125 responden yang diambil melalui teknik pengambilan purposive sampling. Uji Instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif di marketplace, gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif di marketplace, motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif di marketplace, digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif di marketplace, dan promosi penjualan gaya hidup, motivasi belanja dan digital marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif di marketplace

Keywords


Promosi penjualan, gaya hidup, motivasi berbelanja hedonis, pemasaran digital, pembelian impulsif.

References


Ade Ayu Anggraeni1, Ardi Noviandi2, Andika Mula Putra3, V. F. S. (2020). No Title. Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif, 1(2), 93–100.

Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34.

Bahari, F. R., & Sutono, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor dan Tingkat Pendapatan Terhadap Gaya Hidup Berdasarkan Perspektif Syariah. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 1(3), 105–113.

Buana, A. S. C., Mulyadi, D., & Sungkono. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Impulse Buying Pada Produk Camille Di Kalangan Remaja. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1192, 304–317.

Mulyana, A. E., & N.I, A. P. (2020). Pengaruh Promosi, Atmosfer Toko, Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Ritel Modern Di Kota Batam. Journal of Applied Business Administration, 4(1), 18–22.

Poluan, F. J., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Konsumen di Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 113.

Prihadi, D., Harira Irawan, B., & Subroto, S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Sistem Paylater, Diskon Harbolnas terhadap Motivasi Hedonis dan Dampaknya pada Impulse Buying. Jurnal Pro Bisnis, 15(2), 122–136.

Purwaningsih, A. G., & Nurhadi. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Gender Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah STIE MDP, 10(2), 159–167.

Putri, S. S. I. (2020). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif makanan kekinian mahasiswa urban surabaya. 8, 1417–1428.

Salam, A. (2021). Jurnal Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 48–56.

Sanoesi Octanita Wulan Nur Renggani, & Setiawan Hendra. (2022). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA), 4, 1–25.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Wardah, N. A., & Harti, H. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin Di Shopee. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 145–166.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6129

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurul Rizka Arumsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index