PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. UNITED ROPE DI MEDAN

Umar Hamdan Nasution, Wirata Sugiharto Wijaya, Teuku Muhammad Syauqi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi dan harga terhadap volume penjualan pada PT. United Rope di Medan. Jenis data adalah kuantitatif dan sumber data penelitian ini yaitu data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa laporan, profil, buku pedoman, atau pustaka. Populasi penelitian adalah jumlah pelanggan di PT. United Rope yang melakukan pembelian produk pada bulan Oktober 2021 sebanyak 134 orang pelanggan dan sampel yang diteliti sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan rumus Slovin serta teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa saluran distribusi tidak berpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan pada PT. United Rope di Medan dikarenakan nilai thitung (-1,347) < ttabel (1,985) dengan nilai signifikan 0,181 > 0,05. Kemudian, harga berpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan dikarenakan thitung (3,377) > ttabel (1,985) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel saluran distribusi dan harga berpengaruh secara simultan terhadap volume penjualan dikarenakan nilai Fhitung (5,705) > Ftabel (3,09) dan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R square) mempunyai nilai sebesar 0,105 artinya 10,5% variabel volume penjualan pada PT. United Rope di Medan hanya dapat dijelaskan variabel saluran distribusi dan harga dan sisanya sebesar 89,5% variabel volume penjualan pada PT. United Rope di Medan dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian seperti kualitas produk, efisiensi proses, dan variabel-variabel lainnya.


Keywords


Saluran Distribusi, Harga, Volume Penjualan.

References


Al-Aslamiyah, L. S. I. (2008). Pengaruh saluran distribusi dan harga terhadap volume penjualan pada industri rumah tangga sodok di Desa Karangrejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Akbar, M., & Nadia, A. (2021). Pengaruh Strategi Bersaing Terhadap Tingkat Volume Penjualan Sparepart Pada Pt.Morita Tjokro Gearindo Di Jakarta. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 2(2), 41–48. https://doi.org/10.31334/abiwara.v2i2

.1380

Dalmayani, F., Syahriza, R., & Hasibuan, R. R. A. (2023). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan Ikan Di Pasar Kecamatan Deli Tua Kab. Deli Serdang Sumatra Utara. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 172-185.

Dipayanti, K., & Hernayadi, H. (2022). Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Nellco Special OBH di PT. Lenko Surya Perkasa Cabang Ciracas. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 180.

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.1 5614

Febryza, I. R., Saputra, N., & Nasution, U. H. (2022). Pengaruh Harga Dan Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Twin Tulip Ware Pada Pt. Dian Megah Indo Perkasa Cabang Medan. Warta Dharmawangsa, 16(3), 459-470.

Gunawan, I. C. (2022). Pengaruh saluran distribusi dan harga terhadap volume penjualan kubis pada sub Terminal Agribisnis Mantung (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Hasanuddin, A., Said, M., & Ruslan, M. (2020). The Effect of Distribution Channel, Marketing Cost and Selling Capacity on the Income of Potato Farmers in Gowa South Sulawesi. Idn. J. of Business and Management, 3(1), 1–10. https://postgraduate.universitasbosow a.ac.id/index.php/jbm

Indriani, I. (2018). Pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Sinar Kalimantan Berau Tanjung Redeb. CAM JOURNAL: Change Agent For Management Journal, 2(1).

Nasib, N., & Chaniago, S. (2018, September). Pengaruh Saluran Distribusi Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pt. Philips Avent Area Medan. In Seminar Nasional Royal (SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 413-416).

Rahman, F., & Kunaifi, A. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah. CV. Literasi Nusantara Abadi.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.5492

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Umar Hamdan Nasution, Wirata Sugiharto Wijaya, Teuku Muhammad Syauqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index