REBRANDING UNTUK MENJANGKAU RETAIL MODERN SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rebranding yang dilakukan UMKM KRIKEN untuk menjangkau retail modern sebagai strategi komunikasi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan di dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM KRIKEN. Teknik pengempulan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu observasi non-partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data dilakukan dengan menerapkan model Miles and Huberman, yaitu reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rebranding sebagai strategi komunikasi pemasaran perlu diperhatikan dan diterapkan oleh pemilik UMKM untuk menembus pasar retail modern. Produk yang memiliki informasi yang lengkap seperti tanggal kadaluarsa, komposisi, berat produk dan kandungan nilai gizi, menjadi salah satu diantara poin penting yang diperhatikan pihak retail modern. Selain itu, rebranding pada logo yang memanfaatkan ilustrasi animasi dianggap menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi produk. Begitu pula dengan kemasan, penting untuk menggunakan packaging yang lebih mencolok seperti standing pouch dengan pemilihan warna yang terang dan cerah, agar produk terlihat lebih memanjakan mata dan bisa diletakkan di rak-rak retail modern, dimana produk serupa yang telah lebih dahulu terkenal di pasaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwafa, N. G. (2023). Rebranding Logo UMKM (F&B) Kelurahan Klampis Ngasem. NANGGROE JURNAL PENGABDIAN CENDIKIA, 2(4), 396–401.
Damayanti, M. N., & Zulfiningrum, R. (2022). Peran Brand Image Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Iklan Kecik Harian Suara Merdeka. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(1), 106–115. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i1.119
Farida, N., Dewi, P., Hamidah, & Destriani, E. (2023). Pengembangan Logo dan Citra UMKM Melalui Rebranding. JURNAL HASPI: Jurnal Hasil Implementasi Dan Desiminasi Penelitian, 2(2), 103–108.
Kariz, S. A., Piecessa, F. S., & Wijianto. (2024). Rebranding Produk UMKM Tas Anyam Plastik: Modernisasi Strategi Pemasaran Tas Anyam. JAM: Jurnal Abdimas Multidisiplin, 3(5), 28–35.
Narulita, E. T., & Pande Sarjani, N. K. (2019). Kartun Sebagai Elemen Visual Pada Desain Kemasan Oleh-Oleh Makanan Khas Bali. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 7(1), 67–75. https://doi.org/10.31091/sw.v7i1.683
Septiani, S., Pratiwi, N. M., Furqon, M., Jannah, M., & Sazili, A. (2024). ANALYSIS OF MARKETING COMMUNICATION STRATEGIES IN INCREASING BRAND AWARENESS. Jurnal Manajemen, 12(1), 44–52. https://doi.org/10.36546/jm.v12i1.1103
Sonani, N., & Pramadista Sudrajat, A. (2023). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Online dalam Meningkatkan Brand Awareness. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i3.97
Wang, S., Chan, A., & Fordian, D. (2022). PENGARUH CO-BRANDING TERHADAP CUSTOMER-BASED BRAND EQUITY KAMPANYE INDOMIE HYPEABIS (STUDI PADA KOLABORASI INDOMIE DAN THE GOODS DEPT 2018-2019) . AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan , 7(2), 121–132.
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.5382
Article Metrics
Abstract view : 69 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 31 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rafiqah Yusna Siregar, Cicik Suriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index