PENGARUH KONTEN VISUAL, KOMUNIKASI, DAN KOLABORASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENINGKATAN MINAT BERKUNJUNG PADA MAL DI KOTA MAKASSAR

Abdul Doahir, Muhammad Fachrul Salam, Syamsul Rijal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten visual, komunikasi, dan kolaborasi media sosial instagram terhadap peningkatan minat berkunjung pada mal di Kota Makassar. Penelitian Deloitte (2023), mengungkapkan bahwa 72% konsumen global kini melakukan penelitian online sebelum mengunjungi toko fisik, menunjukkan pentingnya kehadiran digital yang kuat bagi mal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 100 responden yang merupakan pengikut Trans Studio Mall Makassar. Data penelitian ini diolah menggunakan alat pengujian software SPSS 29. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara mandiri maupun simultan, variabel konten visual, komununikasi, dan kolaborasi berpengaruh positif dan signfikan terhadap minat berkunjung pada mal di Kota Makassar. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran melalui Instagram yang menggabungkan konten visual yang menarik, komunikasi yang aktif, dan kolaborasi dengan pihak lain merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan minat pengunjung ke mal. Pengelola mal perlu terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan media sosial untuk tetap relevan dan menarik minat konsumen.


Keywords


Konten Visual; Komunikasi; Kolaborasi; Minat Berkunjung pada Mal

References


Agustini Tanjung, Surya Bintarti, & Ergo Nurpatria. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Kunjung Pada Situ Rawa Gede.

Anisa Widi Firmansyah. (2020). Pengaruh Komunikasi Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Ke Wisata Dusun Bambu (Studi Pada Pengikut Akun Instagram @Dusun_Bambu). Universitas Pendidikan Indonesia.

Dave Chaffey, & Fiona Ellis-Chadwick. (2019). Digital Marketing: Strategy And Implementation. Pearson Education.

Deloitte. (2023, October). The Consumer Industry’s Journey Towards Digital Maturity. Deloitte Southeast Asia Ltd.

Erwin, S. E. , M. M. , C. D., Dr. Elia Ardyan, Se. , & Mba Arifai Ilyas, S. E. , M. M. (2023). Digital Marketing: Penerapan Digital Marketing Pada Era Society 5.0 (S. Kom. , M. K. Efitra & M. K. Sepriano, Eds.; 1st Ed.). Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fadhil, M. M. (2023). Strategi Pengelolaan Akun Instagram @Faktanyagoogle Sebagai Media Informasi Dalam Menangkal Hoaks.

Fatimah Azhari. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Muhibbahtour Sebagai Sarana Pemasaran Pada Pt Muhibbah Mulia Wisata Kota Pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. Https://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/81495/2/Gabungan%20kecuali%20bab%20v%20fix.Pdf

Fitri, F. R., Februadi, A. C., Elisabeth, V., & Yuardani, A. M. (2023). The Influence Of Instagram Social Media Marketing As A Promotional Means To Increase Intentions To Visit Tourist Destinations. Journal Of Marketing Innovation (Jmi), 3(2).

Ichsan Emrald Alamsyah. (2023, August 29). Survei: 82 Persen Konsumen Pilih Belanja Elektronik Lewat E-Commerce Daripada Offline. Republika.Co.Id.

Kemp, S. (2024, February 21). Digital 2024: Indonesia. Data Reportal. Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2024-Indonesia?Rq=Indonesia

Kevin Nicholas Hartono. (2024). Aktivitas Social Media And Digital Marketing Istana Diamond Jewellery Group Dalam Pembuatan Konten Sosial Media. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Lubiana Mileva. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Vol. 3). Http://Repository.Ub.Ac.Id/Id/Eprint/162980/1/Lubiana%20mileva.Pdf

Matthew Sugiarto. (2018). Instagram Marketing. Pt. Pengembang. Lintas Pengetahuan.

Maulida Bahiyyatul Maula. (2023). Pengaruh Kampanye Online Melalui Akun Instagram Influencer Riaricis Terhadap Minat Berkunjung Ke Jakarta Aquarium (Survei Pada Followers @Riaricis1795) [Universitas Mercu Buana]. Https://Repository.Mercubuana.Ac.Id/84921/

Mayang Larasati, S. E. , M. M., Nasrudin, S. E. , M. E., & Dr. Yusuf Tojiri, Drs. , M. M. (2024). E-Commerce Dan Transformasi Pemasaran: Strategi Menghadapi Era Digital. (S. E. , M. M. Suca Rusdian, Ed.; 1st Ed., Vol. 1). Takaza Innovatix Labs.

Meinawati, K., Surya Hanjaya Universitas Ma Chung Bayu Setyo Budihardjo, B., Aprilia Hellyani, C., Chung Alamat, M., Puncak Tidar Blok No, V. N., Dau, K., Malang, K., & Timur, J. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Umkm. 1(3), 92–101. Https://Doi.Org/10.54066/Jrime-Itb.V1i3.271

Muhammad Badri, Sukarelawati, & Undang Suryatna. (2024). Pengaruh Konten Instagram @Damarlangitresort Terhadap Minat Pengunjung Di Damar Langit Resort Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(9).

Nevriza Wahyu Utami. (2023, September). Tingkat Kunjungan Mal Semakin Ramai, Hippindo: Konten Jadi Kunci Keberlangsungan Pusat Perbelanjaan. Warta Ekonomi.

Novila Mileva, D. (2019). Nomor 2-Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 7).

Nur Aini Ashari, & Asidigisianti Surya Patria. (2021). Perancangan Konten Visual Instagram Tenun Ikat “Paradila” Lamongan. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 9.

Onita Sari Sinaga, Vivi Chandra, & Debi Eka Putri. (2020). Peran Fasilitas Dan Harga Untuk Mendorong Minat Berkunjung Dalam Situasi Covid 19 (Studi Pada Taman Hewan Kota Pematangsiantar). In Seminar Nasional Manajemen.

Pandu Pamungkas. (2024, January 24). 10 Mall Di Makassar Yang Wajib Dikunjungi. Pinhome. Https://Www.Pinhome.Id/Info-Area/Mall-Di-Makassar/

Parth Salunke, & Varsha Jain. (2022). Instagram Marketing (2015–2021): A Review Of Past Trends, Implications, And Future Research. Emerald Publishing Limited.

Philip Kotler, & Kevin Keller. (2016). Marketing Management (15th Ed.). Pearson Education, Inc.

Prawira Samudra, J., Liang, W., Ladi, S., Gajah Mada, J., Permai, B., & Riau, K. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Z. In Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial (Vol. 5, Issue 1).

Puriwat, W., & Tripopsakul, S. (2021). The Role Of Viral Marketing In Social Media On Brand Recognition And Preference. Emerging Science Journal, 5(6), 855–867. Https://Doi.Org/10.28991/Esj-2021-01315

Rahmah, S. N., Rhynanti, C. L., Ulu, Z., & Saputra, P. (2024). The Influence Of Social Media Marketing Through Instagram On The Patients’ Interest In Visiting A Hospital. In Indonesian Interdisciplinary Journal Of Sharia Economics (Iijse) (Vol. 7, Issue 1).

Ryan Abdul Aziz. (2020). E-Book Digital Marketing Content. Amikomsolo.Ac.Id.

Siska Jeanete Saunun, Feky Reken, Jacsy Tubalawony, & Walter Tabelessy. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Provinsi Maluku. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.5277

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Fachrul Salam, Abdul Doahir, Syamsul Rijal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index