PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME DI SURABAYA TIMUR

Erik Budiawan, Iswati Iswati

Abstract


Penelitian mengenai perilaku konsumen Indihome khususnya pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pelanggan perlu dilakukan agar perusahaan dapat mengambil kebijakan mengenai strategi pemasarannya dengan tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pelanggan Indihome di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Indihome di Surabaya yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti (infinite) karena tidak ada pencatatan mengenai jumlah pastinya. Berdasarkan teknik simple random sampling, sampel penelitian diambil sebanyak 100 pelanggan Indihome yang ditemui peneliti pada saat penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Brand image berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand image merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.


Keywords


Kualitas Produk, Brand Image, Kepuasan Pelanggan.

References


Adhari, Iendy Zelviean. 2021. Kepuasan Pelanggan dan Pencapaian Brand Trust. Pasuruan: Qiara Media.

Ayunani, N. A., Varadina, Y., dan Octavia, A. N. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Solusi : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi. 21(3): 703-712.

Chandra, T., Chandra, S., dan Hafni. 2020. Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyalty: Tinjauan Teoritis. Malang: IRDH.

Cynthia, V dan Arifiansyah, R. 2023. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Kopi Tuku Grand Galaxy Bekasi. Bullet : Jurnal Multidisiplin Ilmu. 2(3): 712-721.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning dan Strategy). Pasuruan: Qiara Media.

Hardani., Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., dan Istiqomah, R. R. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Harjadi, D dan Arraniri, I. 2021. Experiental Marketing dan Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Insania.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Ismanto, Juli. 2020. Manajemen Pemasaran. Pamulang: Unpam Press.

Izzuddin, A dan Muhsin, M. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. 6(1): 72-78.

Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Purnomo, A., Aisyah, S., Sahir, S. H., Rumondang, A., Salmiah., Halim, F., Wirapraja, A., Napitupulu, D., dan Simarmata, J. 2020. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Legi, E. I. M., Lengkong, V. P., dan Rogi, M. H. 2023. Pengaruh Brand Image, Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kopi Janji Jiwa Jilid 667 Tomohon. Jurnal Emba. 10(4): 2121-2131.

Mariansyah, A dan Syarif, A. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen. 3(2): 134-146.

Pratiwi, I dan Soliha, E. 2023. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Natasha Skin Care di Semarang. Seiko : Journal Of Management dan Business, 6(1): 354- 367.

Purniasih, N. K., Yulianti, N. P. A. L., Sari, N. K. P., Nurjannah., dan Mahmut, C. 2023. Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Minuman Boba di Kedai ElevenTea Palopo. Jurnal Mirai Management. 8(2): 329-336.

Satriadi., Wanawir., Hendrayani, E., Siwiyanti, L., dan Nursaidah. 2021. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudra Biru.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini., Haeril., Afiati, L., Awaluddin., Iradat, M. I., Mustafa., Latief, F., Mubyl, M., Kurnia M. F., dan Lazuardi, B. 2023. Manajemen Pemasaran Perusahaan. Sulawesi Selatan: Lajagoe Pustaka.

Syarifuddin dan I. Al-Saudi. 2022. Metode Riset Praktis Regresi Berganda Menggunakan SPSS. Palangkaraya: Bobby Digital Center.

Widana, W dan Muliani, P. L. 2020. Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.4863

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erik Budiawan, Iswati Iswati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index