Dampak Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online (Studi Kasus Penggunaan GoRide oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Jakarta)

Alfian Noor, Gilang Nursidiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi online, dengan studi kasus pada penggunaan GoRide oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan regresi linear berganda dan serangkaian uji lainnya. Sample dalam penelitian ini sebanyak 102 orang yang diperoleh dari perhitugan menggunakan metode slovin. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik harga maupun kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan GoRide, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 66,6% menunjukkan bahwa 66,6% variasi dalam keputusan penggunaan dapat dijelaskan oleh variabel harga dan kualitas pelayanan, sementara 33,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Temuan ini mengindikasikan bahwa harga yang kompetitif dan pelayanan berkualitas tinggi adalah faktor utama yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih layanan GoRide. Saran untuk pengelola GoRide meliputi peningkatan kualitas pelayanan melalui pelatihan pengemudi, strategi penetapan harga yang kompetitif, dan pelaksanaan survei kepuasan pelanggan secara rutin. Selain itu, diversifikasi layanan dan program loyalitas juga dianjurkan untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi perusahaan transportasi online dalam mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan

Keywords


harga, keputusan penggunaan, kualitas pelayanan, transportasi online

References


Ananda, B. P., Syofian, S., & Markoni, M. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online (Maxim Kota Bengkulu). Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 370–380. https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.3494

BALITBANG. (2023). Survey Perusahaan Aplikasi Transportasi Online yang Digunakan Publik Jabodetabek (per September 2022).

Dasli, A. P. E., & Achamd, R. (2024). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Trivindo Sukses Mandiri Aira. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 17–21.

Irrawati, M. D. (2024). Implementasi Metode Regresi Linear Berganda untuk Mengatasi Pelanggaran Asumsi Klasik ( Implementation of Multiple Linear Regression Methods to Overcome Violations of Classical Assumptions ). Studi Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 3(2), 83–94.

Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Marselinus, & Rudianto, A. (2024). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Morenos PT . Kartika Boga Lestari di AEON Mall Sentul City). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 6–11.

Martaningtyas, N. U., Septiyaningrum, E. A., & Maulana, Z. (2024). Dampak Pelanggaran Asumsi Klasikterhadap Kesalahan Inferensi Dalam Analisis Ekonometrika. SYNERGYJurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 255–265. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/sjim

Maulidah, A. R., Astuti, R. P., Nisa, K., Erlangga, W., & Hambarwati, E. (2024). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 4(1), 798–803. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442

Naulibasa, G. V., Yunishari, D. E., & Ewaldo, K. (2023). An Examination of the Quality of Service of PT Triloka Griya Bowling Toward Customer Satisfaction Telaah Kualitas Pelayanan PT Triloka Griya Bowling Terhadap Kepuasan Pelanggan An Examination of the Quality of Service of PT Triloka Griya Bowling Toward Cu. 10(November), 49–65. https://doi.org/10.55963/jumpa.v10i3.575

Rahmatillah, K. I., Juniarsa, N., & Realita, T. N. (2024). Minat Pembelian Konsumen pada Kopi Senja Dengkol Singosari : Peran Harga dan Lokasi dalam Perspektif Pemasaran. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Berkontemplasi Dan Bernalar (SINAR), 2(1), 1–8.

Sahal, M., & Moho, R. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 12–16.

Sholihah, S. M., Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.32424/1.jras.2023.2.2.10792

Suci, M. D., Hutasuhut, J., Syamsuri, A. R., & Falahi, A. (2023). Pengaruh Pelatihan, Iklim Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 357–369. https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.3397

Suyanto, & Anggreani, M. P. (2024). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Eceran Pasar Sederhana Teluk Dalam Kota Banjarmasin. JInnovative: Ournal of Social Science Research, 4(1), 9183–9190. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8693




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4547

Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfian Noor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index