ANALISIS PERBANDINGAN PENJUALAN PADA PT. SIDO MUNCUL, TBK DENGAN PT. INDO FARMA, TBK

Ira Fauziah, Puji Muniarty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui ada tidaknya perbedaan penjualan yang signifikan antara PT Sido Muncul Tbk dengan. PT Indo Farma Tbk. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian komparatif yaitu membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi dan studi pustaka dengan sampel yaitu data penjualan PT Sido Muncul Tbk dan PT Indo Farma Tbk selama 11 tahun dari tahun 2012 sampai dengan 2022 dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria (1) Komponen data laporan keuangan perusahaan yang tersedia ada sesuai kebutuhan peneliti (2) Data ter up to date. Teknik analisis data dengan analisis uji Independent sample test yaitu untuk mengetahui adakah perbedaan relata yang bermakna antara dua kelompok bebas yang bersekala data interfal dari rasio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung = -0.021 dan nilai ttabel sebesar 2.306, dengan sig sebesar 0.984. artinya nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel dan nilai sig lebih besar dari alpa sehingga dalam hal ini mencerminkan tidak ada perbedaan dan tidak signifikan Penjualan PT Sido Muncul Tbk dengan. PT Indo Farma Tbk.


Keywords


Perbandingan, Penjualan

References


Abdullah, A., dan Tantri, F. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darma, S. S. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance, Karakterisik Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance. Akunteknologi: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Teknologi, 13(2), 1–11. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto

Darmanto, Wardaya, F. S., & Suistyani, L. (2018). Kiat percepatan kinerja UMKM dengan model strategi orientasi berbasis lingkungan (Cetakan pe). 2018.

Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Fauziah, M., & Puspitasari, R. (2014). Analisis Hutang Lancar dan Penjualan terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan (JIMKES), 2(1), 41–50.

Fernanda, M. R., & Muniarty, P. (2020). ANALISA PERBANDINGAN SALES GROWTH PT . ANEKA TAMBANG TBK DENGAN PT . J RESOURCES ASIA

PASIFIK TBK Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) Bima Email : PENDAHULUAN Di era industrialisasi yang semakin kompetitif sekarang ini , setiap perusahaan harus meningkat. 87–92.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis muktivariate dengan program IBM SPSS 26. Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Haryanto, M., Saudi, N. S., Anshar, M. A., & Hatta, Moh, 2018). (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Journal of Management, 5(1), 222–237. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.436

Hery. (2014). Akuntansi Dasar 1 dan 2. PT Grasindo.

Heryana. (2020). Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif HIPOTESIS, 1–16.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Khasanah, U. A. (2021). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran

Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Plastik Dan Kemasan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(4), 1–16.

Moekijat. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju. Ningsih, S. D., & Afria, M. (2019). Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar

Penilaian Kinerja Manajemen. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(1), 1. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i1.41

Putra, A. A. W. Y., & Badjra, I. B. (2015). PENGARUH LEVERAGE , PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN. 4(7), 2052–2067.

Sugiyono. (2016). Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DanR&D.

Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta. Sunyoto. (2017). Strategi pemasaran.

Supramono, E. (2015). Analisis Pengaruh Price Dan Promotion Terhadap Penjualan Rokok Pada Swalayan Bintang Di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 19–27.

Suryaputra, G., & Christiawan, Y. J. (2016). Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014. Business Accounting Review, 4(1), 493–504. http://publication.petra.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/4186

Yatimatun, S. (2021). Akuntansi Keuangan, Edisi ke-2, Jakarta : PT Gramedia.

Zakaria Hamzah, Z., & Sumiati, S. (2020). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT WIJAYA KARYA BETON, Tbk SEBELUM DAN SESUDAH INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) TAHUN 2014. Economicus, 14(1), 13–24.

https://doi.org/10.47860/economicus.v14i1.179




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4515

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ira fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index