Pengaruh Strategi Komunikasi Terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Politeknik Negeri Medan

Muhammad Dalim, Ika Mary Pasaribu

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengaruh Strategi Komunikasi Terhadap Kepuasan  Pemustaka Pada Perpustakaan Politeknik Negeri Medan. Penelitian ini  betujuan untuk untuk mengetahui  Bagaiman Pengaruh Strategi komunikasi terhadap kepuasan pemustaka yang dilakukan oleh Pustakawan Politeknik  Negeri Medan. Teori yang digunakan adalah teori kepuasan. Menurut Kotler (2021) menyatakan ” Ada dua (2) teori mengenai kepuasan yaitu  Teori Harapan Kinerja dan Teori Ketidak Cocokan Kognitif. Teori harapan kinerja menyatakan bahwa kepuasan konsumen merupakan suatu fungsi dari harapan konsumen dan hasil yang diharapkan. Jika hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan maka konsumen akan merasa puas, jika hasil yang didapat lebih dari yang diharapkan maka konsumen akan sangat puas dan jika hasil yang didapatkan tidak seperti apa yang diharapkan, maka konsumen tidak puas.    Populasi penelitian adalah seluruh Anggota Perpustakaan Politeknik Negeri Medan yang terdaftar. Jumlah anggota perpustakaan sebanyak 5994 orang. Sampel penelitian didapat dengan menggunakan rumus Slovin dan hasilnya sebanyak 98 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan  kuisioner, dokumentasi dan pengamatan. Hasil  pengujian menunjukkan bahwa Faktor Strategi Komunikasi berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepuasan pemustaka. Hal ini berarti semakin baik  strategi komunikasi yang diberikan, akan semakin tinggi kepuasan pemustaka. 

 


Keywords


Strategi Komunikasi, Kepuasan Pemustaka, Perpustakaan Politeknik Negeri Medan

References


Buku :

Creswell, John W. Penerjemah : Fawaid Achmad. (2013). Reseach Desaign : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi ke-III. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Cangara, Hafied, (2020) Perencanaan & Stragegi Komunikasi, Jakarta : Rajawali Pers

Fatmawati, Endang. (2018). Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan FEB Undip Dengan Metode LibQual. Yogyakarta : Pasca Sarjana UGM.

Ghozali, Imam,(2019). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Jakarta : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko. (2018). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BBPE.

Kotler, Philip dan Kevin L . Keller. (2021). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke dua belas. Jakart : Indeks,

Mulyana, Dedy. (2018). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. (2017). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Rahayuningsih, Fransisca, (2015). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sanjaya, Wina. (2019). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Artikel Dalam Jurnal :

Annisa, Fitra Febri. (2017). Problematika Kinerja Pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 4, No. 1, September 2015, Seri A.

Azmar, Nora Junita. (2019). Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan.Jurnal Iqra’ Volume 09 No.02 Oktober, 2019

Handayani, Vicha dan Ardoni. 2013. Persepsi Masyarakat terhadap Pelaksanaan Promosi Perpustakaan Umum Kota Padang di Kantor Arsip Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang. Jurnal Ilmu Informasi dan Kearsipan Nomor 1 Volume 2 Tahun 2013. Padang

Martensen, Anne [and] Lars Gronholdt. (2013). “Improving Library Users Perceived Quality, Satisfaction and Loyalty: An Integrated Measurement and Management System”. The Journal of Academic Librarianship 29: 3 (2003): 140-147.

Nurulhuda Bt Ramli, Chai Siew Fun, Faszli Idris. (2009) Kajian Kepuasan Pelanggan Terhadap Perkhidmatan Perpustakaan Universiti Awam di Malaysia. Jurnal Pengurusan Nomor 28 Tahun 2009. Pusat Pengajian Pengurusan Perniagaan Fakulti Ekonomi dan Perniagaan Universiti Kebangsaan Malaysia. Malaysia.

Rahmi dan Marlini. (2019). Strategi Promosi Pustakawan Di Perpustakaan Balai Bahasa Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Nomor 1 Volume Tahun 2012. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Padang.

Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L.(2013). Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring).

Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian

Hasugian, Jonner (2016) Analisis Penggunaan Sumber Daya Informasi Tercetak Dan Elektronik Di Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Disertasi, 27 Januari 2016




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4509

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Dalim Dalim, Ika Mary Pasaribu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index