PENERAPAN APLIKASI KEUANGAN ACCURATE DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN USAHA (Studi Pada UMKM PT. Holytech Perdana Prima Medan)

Indra Fauzi, Budi Antoro, Toni Hidayat, Gefira Nurfatimah

Abstract


Pada prinsipnya, persiapan laporan keuangan membutuhkan keakuratan dan akurasi sehingga tidak ada keraguan tentang kebenarannya di antara para pemangku kepentingan. (interested parties). Dalam menyiapkan laporan keuangan ini, aplikasi pendukung diperlukan, termasuk Office Excel untuk akuntansi, MYOB Accounting, Zahir, dan aplikasi keuangan yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan yang terkait dengan merancang model untuk menyiapkan laporan keuangan perusahaan menggunakan aplikasi Accurate Financial versi 5. Jenis penelitian yang digunakan saat ini adalah penelitian terapan, yaitu penelitian yang dilakukan untuk menerapkan, menguji, dan kemudian mengevaluasi kemampuan teori untuk memecahkan masalah manajemen praktis. keuangan perusahaan dengan menerapkan aplikasi keuangan yang akurat di PT. Holytech Perdana Prima. Sistem dokumentasi, mulai dari persiapan awal data perusahaan hingga pelaporan, dapat diproses dengan benar melalui aplikasi keuangan ini. Semua kegiatan disalin ke buku catatan umum, uang tunai, bank, dan persediaan barang. Jika perusahaan ingin mencetak laporan yang dibutuhkan, mereka dapat mencetak dokumen dalam waktu singkat. Ini adalah harapan bisnis, di mana perusahaan dapat meminimalkan waktu untuk mendapatkan laporan atau kinerja keuangan. Berdasarkan hal ini, PT Holytech Perdana Prima beralih ke aplikasi keuangan lain yang dikenal sebagai Accurate Version 5. Perangkat lunak yang akurat ini dapat melakukan berbagai perintah yang terkait dengan implementasi siklus akuntansi.


Keywords


Accurate, Laporan Keuangan

References


Fauzi, I., & Sandra Dewi, I. (2022). Pelatihan Program Link and Match Lulusan Vokasi Sebagai Jawaban Tantangan Ekonomi. Jurnal Penelitian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–4.

Khotmi, H., & Amrul, R. (2017). Penerapan Aplikasi Accurate dalam Penyusunan Laporan Keuangan UKM. Journal Stieamm, 14(1), 61–70. http://journal.stieamm.ac.id/index.php/valid/article/view/33/22

Orniati, Y. (2009). Orniati, Y. (2009). Laporan keuangan sebagai alat untuk menilai kinerja keuangan. Jurnal ekonomi bisnis, 14(3), 206-213. Journal Economi Busines, 206.

PSAK. (2009). PSAK Revisi 2009. Ikatan Akukntan Indonesia, 15(15), 20.

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.3

Kartomo, & Sudarman, L. (2019). Buku Ajar Dasar-Dasar Akuntansi. yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4412

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Budi Antoro, Indra Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index