ANALISIS FAKTOR YANG BERDAMPAK PADA PROFITABILITAS PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-2022

Pendy Eka Ashari, Muhammad Tahwin

Abstract


Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempelajari bagaimana likuiditas, perputaran modal kerja, serta pertumbuhan penjualan berdampak pada profitabilitas bisnis pada perusahaan consumer goods yang tergabung di BEI selama periode 2020–2022. Variabel terikat profitabilitas perusahaan dan variabel independennya adalah likuiditas, perputaran modal kerja, dan pertumbuhan penjualan. Penelitian ini melibatkan 35 perusahaan konsumen barang di BEI dalam kurun tahun 2020–2022, yang diperoleh dari www.idx.com. Metode dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data, dan metode purposive sampling digunakan untuk penentuan sampel. 23 perusahaan termasuk dalam sampel penelitian, dan ada 69 observasi. Analisis linier berganda adalah metode analisis data yang akan dipratikkan. Sebelum uji regresi, diuji dengan uji asumsi klasik untuk mendapatkan data linier terbaik atau Best Linier Unbias Estimate (BLUE). Pada hasil uji hipotesis memperlihatkan hasil dimana likuiditas dan  perputaran modal kerja memberikan dampak negatif pada profitabilitas perusahaan, sementara pertumbuhan penjualan mampu memberikan dampak positif pada profitabilitas perusahaan. Hasil uji determinasi menunjukkan nilai R2 yang disesuaikan sebesar 28,1%; namun, 71,9% disebabkan oleh sebab lain yang tidak terkait dengan penelitian ini.

 

Kata Kunci :    Profitabilitas Perusahaan, Likuiditas, Perputaran Modal Keja, Pertumbuhan Penjualan


Keywords


Profitabilitas Perusahaan, Likuiditas, Perputaran Modal Keja, Pertumbuhan Penjualan

References


Hanum. (2021). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Food and Baverage di Bursa Efek Indonesia. STIE Perbanas Surabaya: tidak dipublikasikan .

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan, Integrated and Comprehensif. Jakarta: PT Grasindo Anggota IKAP.

Indra, F. &. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, pertumbuhan penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 199-206.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mariana, A. (2022). Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Industri Periode 2016-2020. At-Tariiz: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.

Muhajir, A. (2020). Modal Kerja, Perputaran Piutang, Persediaan dan Penjualan Terhadap Laba Bersih. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 33-34.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nabila, P. I. (2019). Pengaruh Rasio Lancar, Rasio Utang atas Modal dan Total Perputaran Aktiva dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Pertumbuhan Laba. Universitas Kompeter Indonesia.

Nasir. (2020). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilias. Buletin Ekonomi: Jurnal Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18.

Rinofah, B. d. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia.

Rofidah, S. K. (2021). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Perputaran Modal Kerja, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabbilitas Perusahaan. Rembang: tidak dipublikasikan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif dan Kombinasi). Bandung: Alfabeta.

Witya Shalini. (2022). Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Likuiditas dan Leverage Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Consumer Good di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020. Owner: Riset dan Jurnal Program Studi Akuntansi Politeknik Ganesha, 1847-1851.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4331

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pendy Eka Ashari, Muhammad Tahwin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index