PENGARUH CELEBRITY ENDORSE, CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK ONLINE PADA MAHASISWA FEB UDINUS

Widya Setya Ningrum, Maria Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisa pengaruh celebrity endorse, customer review dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik online pada Mahasiswa Feb Udinus. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan atau pengguna kosmetik online pada Mahasiswa Feb Udinus. Sempel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 170 responden menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini yaitu PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Model). Software SmartPls 4.0 dipakai untuk mengolah data dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa celebrity endorse memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik online pada Mahasiswa Feb Udinus, customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik online pada Mahasiswa Feb Udinus dan harga tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik online pada Mahasiswa Feb Udinus.


Keywords


Celebrity Endorse, Customer Review, Harga

References


A, M. S., & Daniaty, F. (2017). Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hypermart Puri Indah Di Jakarta Barat. Jurnal Ekonomi, 22(1), 124–131. https://doi.org/10.24912/je.v22i1.186

Abdul Gofur. (2019). 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Alvionita, S., & Sutedjo, B. (2021). Pengaruh Celebrity endorsement, Brand Image dan Customer Review terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Produk Kecantikan Scarlett Whitening Kabupaten Brebes). SEIKO : Journal of Management & Business, 4(1), 374–385. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1445

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.

Chotimah, N., Nurliana, N., & H. ABD Rahman, N. (2023). Keputusan Pembelian Online Pakaian Dikalangan Mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere Yang Dipengaruhi Oleh Harga, Rating, Dan Online Customer Review. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 1351–1360. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12739

Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.27

Dewi, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 7(4), 409. https://doi.org/10.54144/jadbis.v7i4.2862

Ferdiana, R., & Yuwono, I. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga dan Iklan (Reyka Ferdiana, dkk. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2986–6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.8216419

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54

Kicky Camallya Arista, & Khusnul Fikriyah. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga dan Song Joong Ki Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(4), 453–466. https://doi.org/10.20473/vol9iss20224pp453-466

Kurniawan, B. (2021). Pengaruh Online Customer Reviews Dan Rating Terhadap Minat Pembelian Di Lazada. Jurnal Ilmiah Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 121–129.

Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(3), 77–84.

Laras, G. M. D., & Firmanyah, E. (2019). Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Konsumen : Kasus Pada Produk Mie Instan. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 6(2), 131. https://doi.org/10.20527/jwm.v6i2.148

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1134

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325

Novianti, T. A. (2020). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik pixy. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 16–75.

Nur Islamiati, S. A., Darpito, S. H., & Utomo, H. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Masker Sensi Duckbill. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1637

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Mahasiswa Stie Pasaman ) the Influence of Promotion Through Social Media and Product Review on the Marketplace Shopee on Purchase Dec. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467–474.

Rachel, N., Goenawan, F., & Monica, V. (2020). Efektivitas penggunaan Marsha Aruan sebagai Celebrity Endorser Lip Ink SASC. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya, 8(2).

Rachmaningtyas, P., & Surianto, Moh. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobistek, 11(4), 389–396. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i4.459

Regina Dwi Amelia, M. dan M. R. M. (2021). 80-Article Text-832-1-10-20210223. Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada E Commerce Kecantikan, 2(2), 1–7.

Rinawati, G. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Freshcare Di Kota Denpasar. Jurnal EMAS, 2(1), 98–106.

Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494–505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.200

Sianipar, A. H. F., & Yoestini. (2021). Analisis Pengaruh Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Online Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Sukma, K., Nurcahya, I., & Suryani, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4016–4043.

Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jesya, 5(2), 1148–1160. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.689

Syamsudin, S. (2022). pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang).

https://survei.apjii.or.id/survei APJII.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4227

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index