PENGARUH PERANAN CUSTOMER SERVICE DAN FASILITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA PT. BPRS AL-WASHLIYAH DI MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peranan customer service dan fasilitas produk terhadap keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Al- Washliyah Medan. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear berganda, uji determinasi, uji t, dan uji f dengan bantuan alat uji SPSS versi 25.00 dengan sampel 30 nasabah PT.BPRS Al-Washliyah Medan. Hasil penelitian menjawab rumusan masalah yaitu terdapat pengaruh customer service (X1) terhadap keputusan nasabah menabung (Y) pada PT. BPRS Al-Washliyah Medan dan terdapat pengaruh fasilitas produk (X2) terhadap keputusan nasabah menabung (Y) pada PT. BPRS Al-Washliyah Medan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui hasil Uji F dimana Fhitung = 60,872, sedangkan nilai Ftabel 3,35 sehingga Fhitung > Ftabel, atau H3 diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan variabel customer service dan fasilitas produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Al-Washliyah Medan. Uji determinasi menunjukkan bahwa 81,8% keputusan nasabah menabung dipengaruhi variabel customer service dan fasilitas produk. Sementara sisanya 18,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti seperti promosi, lokasi dan lain- lain. Adapun dari hasil penelitian ini disarankan agar PT. BPRS Al-Washliyah Medan agar lebih meningkatkan lagi pelayanan customer service dan fasilitas produk.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, T., & Tantri, F. 2014. Manajemen Pemasaran Perusahaan Jasa.
Cetakan 1. Jakarta: Salemba Empat.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Jakarta: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2015. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Harefa, Eltin, 2021, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Ampek Angkek Candung Cabang Pasaman Barat, Pasaman Barat: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Kartika, Tri, 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV. Sinar Mustika Medan, Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Tantika, Fika, 2021, Pengaruh Peranan Customer Service dan Informasi Produk terhadap Minat Nasabah di PT Bank Sumut Cabang Medan, Medan: Universitas Dharmawangsa Medan (tidak dipublikasikan).
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.4008
Article Metrics
Abstract view : 134 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 156 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index