PENGARUH PERANAN CUSTOMER SERVICE DAN FASILITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA PT. BPRS AL-WASHLIYAH DI MEDAN

Khairani Khairani, Ngatno Sahputra, Ahmad Taufiq Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peranan customer service dan fasilitas produk terhadap keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Al- Washliyah Medan. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear berganda, uji determinasi, uji t, dan uji f dengan bantuan alat uji SPSS versi 25.00 dengan sampel 30 nasabah PT.BPRS Al-Washliyah Medan. Hasil penelitian menjawab rumusan masalah yaitu terdapat pengaruh customer service (X1) terhadap keputusan nasabah menabung (Y) pada PT. BPRS Al-Washliyah Medan dan terdapat pengaruh fasilitas produk (X2) terhadap keputusan nasabah menabung (Y) pada PT. BPRS Al-Washliyah Medan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui hasil Uji F dimana Fhitung = 60,872, sedangkan nilai Ftabel 3,35 sehingga Fhitung > Ftabel, atau H3 diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan variabel customer service dan fasilitas produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Al-Washliyah Medan. Uji determinasi menunjukkan bahwa 81,8% keputusan nasabah menabung dipengaruhi variabel customer service dan fasilitas produk. Sementara sisanya 18,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti seperti promosi, lokasi dan lain- lain. Adapun dari hasil penelitian ini disarankan agar PT. BPRS Al-Washliyah Medan agar lebih meningkatkan lagi pelayanan customer service dan fasilitas produk.


Keywords


Customer Service; Fasilitas Produk; Nasabah

References


Abdullah, T., & Tantri, F. 2014. Manajemen Pemasaran Perusahaan Jasa.

Cetakan 1. Jakarta: Salemba Empat.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Jakarta: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Harefa, Eltin, 2021, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Ampek Angkek Candung Cabang Pasaman Barat, Pasaman Barat: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Kartika, Tri, 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV. Sinar Mustika Medan, Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Tantika, Fika, 2021, Pengaruh Peranan Customer Service dan Informasi Produk terhadap Minat Nasabah di PT Bank Sumut Cabang Medan, Medan: Universitas Dharmawangsa Medan (tidak dipublikasikan).




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.4008

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index