ANALISIS MARKETING MIX PADA KLINIK MULIA KLATEN

Buya Al Ghazali, Rahmawati Riantisari, Alfiati Nurrokhmini

Abstract


Penyedia layanan kesehatan mengalami perkembangan pesat setiap tahunnya. Data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penyedia layanan kesehatan di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 3.112. Angka itu melonjak 5,17% dari tahun sebelumnya yang hanya 2.959. Hal ini berdampak pada terciptanya iklim persaingan. Dalam industri jasa, bauran pemasaran meliputi produk, harga, lokasi, sumber daya manusia, promosi, bukti fisik dan proses. Melalui bauran pemasaran yang dimiliki oleh suatu usaha jasa dapat menentukan bagaimana usahanya dapat bersaing dengan para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran jasa di Klinik Mulia Klaten. Metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara. Wawancara dilakukan pada bagian pemasaran Klinik Mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pelayanan kesehatan Klinik Mulia masih standar, harga terjangkau, lokasi strategis, keterbatasan sumber daya manusia, sebagian besar promosi masih dilakukan secara konvensional, terdapat beberapa fasilitas yang belum lengkap dan modern serta proses aktivitas sehari-hari. di klinik Mulia masih dilakukan secara manual. Saran dari peneliti klinis Mulia sebaiknya lebih agresif dalam melakukan kegiatan promosi dan kolaborasi.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kualitatif, Klinik, Promosi, Kerja Sama


Keywords


Bauran Pemasaran, Kualitatif, Klinik, Promosi, Kerja Sama

References


Adam, M. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Agustine, E. D., & Sulistiadi, W. (2017). Analisis Elemen Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit: Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.7454/arsi.v4i1.2837

Arismen, Sulistiadi, W., & Chalik, A. (2019). Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(2), 97–103. https://doi.org/10.7454/arsi.v5i2.3173

Delima, A. A. (2022). Analisis bauran pemasaran poliklinik eksekutif rumah sakit dr.hasri ainun habibie berdasarkan profesi 1. Indonesian Journal of Business and Management, 2(2), 268–274.

Ekawati, S. S., & Andriani, H. (2022). View of MARKETING MIX STRATEGY FOR HEALTH SERVICES AT YADIKA PONDOK BAMBU HOSPITAL DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Jurnal Medika Hutama, Vol 03 No(Vol. 3 No. 02 Januari (2022): Jurnal Medika Hutama), 11.

Fajrini, F., Latifah, N., Herdiansyah, D., Romdhona, N., Studi Kesehatan Masyarakat, P., Kesehatan Masyarakat, F., … Tangerang Selatan, K. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Covid-19 (Study Rumah Sakit X). Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 18(1), 113–122.

Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.

Hadiyati. (2022). Fenomena Bauran Pemasaran Jasa Bisnis Rumah Sakit. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(1), 2829–5277.

Mahyardiani, R. R., Hartoyo, H., & Krisnatuti, D. (2020). Menguji Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rsia Budi Kemuliaan Menggunakan Bauran Pemasaran. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.17358/jabm.6.1.1

Meutia Arini Yasrizal, W. S. (2022). Journal of Telenursing. Yasrizal, Arini Meutia Sulistiadi, Wahyu, 4, 168–176.

Mursalin, A., & Octaviani, D. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Nurkumala Asih, A., Devis, Y., & Abidin, A. R. (2021). Analisis Bauran Pemasaran Di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center (Pmc) Kota Pekanbaru Tahun 2020. Media Kesmas (Public Health Media), 1(2), 402–409. https://doi.org/10.25311/kesmas.vol1.iss2.77

Omega DR Tahun. (2022). Analisis Keputusan Pasien Melakukan




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.3651

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index