PENGARUH KESADARAN MEREK DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN AROMA BAKERY & CAKE SHOP MEDAN AMPLAS)

Nana Hadisti, Julianto Hutasuhut, Tukimin Lubis, Yayuk Yuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kesadaran Merek dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Aroma Bakery & Cake Shop Amplas Medan). Jenis penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Aroma Bakery & Cake Shop Amplas, Jln. Panglima Denai, Kota Medan. Pelaksanaan penelitan dimulai dari bulan  Maret 2023  sampai  dengan selesai. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Aroma Bakery and Cake Shop Amplas Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pembeli roti yang datang ke Aroma Bakery and Cake Shop Medan Amplas. Untuk menyederhanakan jumlah sampel, penulis menggunakan rumus di sampaikan Ferdinand (2014). Dengan demikian maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 112 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan program Statistical Product Sofware Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesadaran Merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Komunikasi Pemasaran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara. Secara simultan diperoleh nilai Fhitung (81.549) > Ftabel (3,08), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya Kesadaran Merek dan Komunikasi Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Aroma Bakery & Cake Shop Medan Amplas).


Keywords


Kesadaran Merek; Komunikasi Pemasaran; Keputusan Pembelian

References


Aaker,D, (2015). Manajemen Ekuitas Merek, Mitra Utama, Jakarta.

Belch, G., Belch, M. (2018). Advertising and Promotion an Integrated Marketing Communication. 11th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Hidayat, (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Kesadan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sari Roti Oleh Masyarakat Di Perumahan Angkatan 66 Palembang . Skripsi: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Binadarma Palembang.

Kotler, P, Keller. K. L, (2016). Manajemen Pemasaran Edisi ke 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga

Moegiarso, S, (2023). Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2022 Capai 5,31%, Tertinggi Sejak 2014. Dikutip Melalui: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4904/pertumbuhan-ekonomi-tahun-2022-capai-531-tertinggi-sejak-2014

Shimp, T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan. Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Sihite, S., T., Simatupang, P., (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Brand Awareness, Terhadap Brand Loyalty Pembelian Pada Produk Sari Roti (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun).Jurnal Edueco:4(2),132-141.ISSN:2621-7511(e),2621-3931(p).

Sugiarti (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Roti Sutra Tanjung Morawa Deli Serdang Sumatera Utara). Skripsi: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabeta.

Tardianto, N., T., & Luthfi, M., (2018). The Strategy Of Marketing Communication La-Tansa Bakery in Islamic Perspective. Journal of Islamic Communication. SAHAFA:1(1),73-82. P-ISSN 2503-1880, E-ISSN 2599-3240.

Tjiptono, F. (2015). Stategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Utama, W., J., Farizi, H., (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Sehat Kenzo. Jurnal Ekonomika dan Bisnis: 9(1), 63-75. ISSN: 2356-2439 (P), ISSN:2685-2446 (e)

Wisesa, P., C., (2021). .Studi Keputusan Pembelian Makanan Oleh-Oleh Khas Surabaya: Peran Brand Awareness Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen: 9(1), 287-294.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.3543

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index