PENGARUH LABEL HALAL HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (Studi Kasus: Remaja Generasi Z)

Meidyna Syafa Maura, Maulana Syarif Hidayatullah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal, harga dan kualitas produk, terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening pada remaja generasi Z. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja generasi Z sedangkan sampel penelitian ini yaitu 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Secara parsial label halal, harga dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan label halal, harga dan kualitas produk memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening.

Keywords


Label Halal, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

References


Anggesti, A. F. M. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP, LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(September), 1–8.

Astuti, D. (2019). “Pengaruh Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, Harga Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Purbasari (Studi Kasus Konsumen Wilayah Binjai).â€

Aswir, & Misbah, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma Angkatan 2018). Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 1–13.

Fajar, r. (2023, Maret 03). Republika. Diakses dari Standar Kehalalan Produk Kosmetik | Republika Online

Haidayatullah, D. (2018). PENGARUH LABEL HALAL PADA PERTUMBUHAN KOSMETIK DAN PANDANGAN WANITA MUSLIM NEGARA ISLAM DUNIA Dinar Haidayatullah Universitas Machung. Kompetensi, 12(1), 1–10.

Hermansyur, H. M., & Aditi, B. (2017). PENGARUH GAYA HIDUP, LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 32–43.

Hidayatullah, M. S. (2020). Sertifikasi dan Labelisasi Halal Pada Makanan dalam Perspektif Hukum Islam (Perspektif Ayat Ahkam). YUDISIA : Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 11(2), 251.

Larasati, O. (2018). ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH. Jurnal Mitra Manajemen, 2(4), 273–285.

Luthfia, Z., & Maya, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Skincare. Strategic: Journal of Management Sciences, 2(2), 39.

Mardhotillah, R., Putri, E. B. P., Rasyid, R. A., & Sahrin, L. A. (2022). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Accounting and Management Journal, 6(1), 13–16.

Muyassirah, M. A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Halal, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow (Studi Pada Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(2), 115–120.

Nur’aeni. (2021). Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah the Effect of Halal Label , Brand Image and Price on the Decision To Purchase Wardah Cosmetics. Dimensi, 10(April), 240–254.

Premi Wahyu Widyaningrum. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, VI No,2.

Rizky, M., & Slamet, G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Label Halal Terhadap Di Kartasura. Smooting, 20(2), 137–144.

Rosyada, M. (2022). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 213–218.

Saharuddin, H. (2019). PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK KOSMETIK DIKALANGAN MAHASISW. 8(5), 55.

Series, W. (2020). Digital Repository Universitas Jember HIPOSPADIA Digital Repository Universitas Jember. 5(9), 112–129.

Vivi Affia Sari. (2022). Fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah sumatera utara medan 2022.

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98.Anggesti, A. F. M. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP, LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(September), 1–8.

Astuti, D. (2019). “Pengaruh Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, Harga Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Purbasari (Studi Kasus Konsumen Wilayah Binjai).â€

Aswir, & Misbah, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma Angkatan 2018). Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 1–13.

Fajar, r. (2023, Maret 03). Republika. Diakses dari Standar Kehalalan Produk Kosmetik | Republika Online

Haidayatullah, D. (2018). PENGARUH LABEL HALAL PADA PERTUMBUHAN KOSMETIK DAN PANDANGAN WANITA MUSLIM NEGARA ISLAM DUNIA Dinar Haidayatullah Universitas Machung. Kompetensi, 12(1), 1–10.

Hermansyur, H. M., & Aditi, B. (2017). PENGARUH GAYA HIDUP, LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 32–43.

Hidayatullah, M. S. (2020). Sertifikasi dan Labelisasi Halal Pada Makanan dalam Perspektif Hukum Islam (Perspektif Ayat Ahkam). YUDISIA : Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 11(2), 251.

Larasati, O. (2018). ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH. Jurnal Mitra Manajemen, 2(4), 273–285.

Luthfia, Z., & Maya, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Skincare. Strategic: Journal of Management Sciences, 2(2), 39.

Mardhotillah, R., Putri, E. B. P., Rasyid, R. A., & Sahrin, L. A. (2022). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Accounting and Management Journal, 6(1), 13–16.

Muyassirah, M. A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Halal, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow (Studi Pada Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(2), 115–120.

Nur’aeni. (2021). Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah the Effect of Halal Label , Brand Image and Price on the Decision To Purchase Wardah Cosmetics. Dimensi, 10(April), 240–254.

Premi Wahyu Widyaningrum. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, VI No,2.

Rizky, M., & Slamet, G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Label Halal Terhadap Di Kartasura. Smooting, 20(2), 137–144.

Rosyada, M. (2022). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 213–218.

Saharuddin, H. (2019). PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK KOSMETIK DIKALANGAN MAHASISW. 8(5), 55.

Series, W. (2020). Digital Repository Universitas Jember HIPOSPADIA Digital Repository Universitas Jember. 5(9), 112–129.

Vivi Affia Sari. (2022). Fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah sumatera utara medan 2022.

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98.

Widi, Shilvina (2022,Desember 03). Dataindonesia.id. Diakses dari Ada 68,66 Juta Generasi Z di Indonesia, Ini Sebarannya (dataindonesia.id)

Zultilhansyah, & Haryanti, I. (2020). PENGARUH GAYA HIDUP, LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (STUDI KASUS SISWI SLTA DI KECAMATAN SUNGAI RUMBAI). Jurnal Manajemen Dewantara, 4(2), 90–97.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.3415

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index