PENGARUH SERVICE KUNJUNG DAN BOOKING SERVICE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT INDOSTAR SUKSES MANDIRI

Alianty Indira Putri, Sahnan Rangkuti

Abstract


ABSTRAK
Pelayanan yang memuaskan konsumen penting bagi suatu perusahaan dalam mempertahankan
kelangsungan hidupnya maupun untuk pengembangan usahanya, termasuk bagi perusahaan
otomotif. Untuk memberi pelayanan purna jual, perusahaan otomotif atau showroom juga
menyediakan bengkel servis sepeda motor. Service kunjung dan booking service adalah salah satu
jenis layanan yang ditawarkan bengkel kepada konsumen yang diharapkan dapat memberi
kepuasan kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
metode pengumpulan data wawancara, kusioner, observasi dan studi dokumentsi. Analisis data
menggunakan uji t, uji f dan uji determinasi. Berdasarkan hasil uji t, ternyata variabel booking
service memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, demikian juga dengan variable
booking service. Selanjutnya sesuai hasil uji F, diketahui secara simultan, variable booking service
dan service kunjung juga berpengaruh posiip terhadap kepuasana konsumen. Sementara dari hasil
uji determinasi disimpulkan bahwa variabel sevice kunjung dan booking service 61.8%
mempengaruhi kepuasan konsumen dan sisanya atau 38.2% dipengaruhi faktor lain yang telah
diteliti.

Kata Kunci : Pelayanan, Kinerja Mekanik, Kepuasan




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v5i2.2771

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index